Alamat Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
Call us: (0281) 6841836
e-mail: unupurwokerto@gmail.com

Workshop Penulisan Karya Ilmiah di Bidang Hukum, Program Studi Ilmu Hukum Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

11 Februari 2022 adminunupwt 1 Komentar

Workshop Penulisan Karya Ilmiah di Bidang Hukum, Program Studi Ilmu Hukum Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto mengadakan acara workshop penulisan karya ilmiah di bidang hukum secara virtual pada hari kamis (10/02/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan citivtas akademika UNU Purwokerto, dengan tujuan melatih keterampilan dan kecakapan menulis karya ilmiah. Narasumber berasal dari Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Jendral Soedirman, Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Malang, dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa jurnal Hukum NUSA JAYA sebagai penyalur/wadah dari apa yang telah diteliti, kemudian di distribusikan serta sebagai media informasi dan komunikasi untuk mahasiswa.  

Dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama pelaksanaan Tri Darma antara Fakultas Sosial, Ekonomi dan Humaniora Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Malang. Penandatanganan pertama oleh Dekan Fakultas Sosial, Ekonomi dan Humaniora Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto yang disaksikan oleh Rektor UNU Purwokerto, selanjutnya penandatanganan oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Malang.

Acara dilanjutkan dengan pemamaparan materi dari masing-masing narasumber. Dalam pemaparannya pemateri dari Guru Besar Fakultas Hukum UNSOED yaitu Bapak Agus Raharjo memaparkan cara menulis artikel ilmiah dengan baik dan benar, serta menjelaskan pentingnya menulis artikel ilmiah, karena itu sebagai jembatan antara peneliti dan pembaca, sebagai bentuk kontribusi keilmuan kepada kemajuan IPTEK, dan promosi diri sebagai ilmuwan.

Dari narasumber selanjutnya yaitu bapak Suratman dengan materi penerapan nilai-nilai persatuan dan kebangsaan dalam penulisan karya ilmiah bidang hukum. Dalam materi tersebut dijelaskan bahwa pentingnya riset dalam Menyusun artikel ilmiah.

Narasumber yang terakhir Bapak Muhtar Sahid dengan materi strategi menulis kolaboratif mahasiswa dan dosen. Dalam materi tersebut narasumber menjelaskan bahwa mahasiswa dengan dosen dapat bekerjasama dalam membuat artikel ilmiah yang dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dalam bentuk tugas mata kuliah mahsiswa, tugas akhir mahasiswa, dan makalah mahasiswa.

 

 

1 Comment

  • Muhammad Fikri Mubarok
    12 Februari 2022

    Kegiatan penulisan jurnal ilmiah sangat bermanfaat baik bagi kampus, dosen, serta mahasiswa.
    Semoga dengan di-launching-nya jurnal hukum “NUSA JAYA” dapat meningkatkan citra kampus UNU khususnya prodi Ilmu Hukum dan meningkatkan penulisan karya ilmiah sehingga dapat mengembangkan teori-teori dan khazanah keilmuan di bidang ilmu hukum

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.