Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

Upgrading “Membangun Harmonisasi HMAP yang Progresif”

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

Kepengurusan Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HMAP) Periode 2020 menyelenggarakan kegiatan “Upgrading” pada hari Minggu, 07 Juni 2020 pukul 10.00 WIB yang diikuti oleh Pengurus HMAP dan Dewan Penasihat Organisasi (DPO). Kegiatan ini dilaksanakan via daring WhatsApp Group karena keaadaan Indonesia yang masih pandemi COVID-19. Meski sedang physical distancing & stay at home, tidak mempengaruhi semangat audiens untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, sehingga tetap lancar dan seru. Upgrading merupakan kegiatan bedah Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) kepengurusan dalam suatu organisasi. Tujuan upgrading adalah untuk meningkatkan mutu kepengurusan. Lebih lanjutnya, secara normatif upgrading sebagai wadah untuk saling mengenal satu sama lain antara pengurus, sehingga dapat meningkatkan kinerja untuk ke depannya. Tema kegiatan upgrading ini yaitu “Membangun Harmonisasi HMAP yang Progresif”. Dengan harapan bahwa HMAP dapat melangkah lebih maju dengan dapat mengembangkan kualitas yang dibentuk atas keselarasan, kesesuaian, dan keseimbangan. Organisasi akan tetap berjalan dan sehat ketika semua elemen tersebut dapat bersinkron dengan baik dalam menjalankan tupoksi maupun hubungan antar pengurus yang baik.

Upgrading HMAP diisi oleh dua narasumber, yaitu Shadu Satwika Wijaya, S.Sos., M.Si dan Chamid Sutikno, S.IP., M.Si. Dalam pemaparannya Bapak Chamid Sutikno, S.IP., M.Si menyampaikan pesan kepada seluruh kepengurusan HMAP 2020, yaitu agar dapat menjalankan program-program organisasi yang telah di sepakati bersama. Selanjutnya dalam acara upgrading ini sebagai upaya penyelarasan program kerja dari masing-masing bidang dan divisi, serta komitmen untuk menjalankannya. Selain itu, Farchah Naelyatara (Ketua Umum HMAP) dan Ajis Setiawan (Sekertaris Umum HMAP) juga menambahkan esensi SKJ setiap bidang dan divisi, serta konsep berorganisasi, seperti:

A. Keragaman Dalam Organisasi

Kerangka hubungan struktur yang di dalamnya terdapat wewenang, pembagian tugas, pembagian kerja. Dalam hal ini, terdapat kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar untuk dapat mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, di organisasi terdapat berbagai macam keragaman. Keragaman merupakan suatu kondisi pada kehidupan berorganisasi berupa perbedaan yang dapat kita jumpai khususnya di HMAP. Contohnya adalah perbedaan gender dan usia yang dapat mempengaruhi sistem kerja HMAP.

B. Komunikasi

Merupakan salah satu elemen paling penting. Dengan komunikasi akan dapat meminimalisir miss communication. Entitas organisasi bergantung pada pola hubungan komunikasi yang kuat antara masing-masing pengurus di organisasi HMAP. Fungsi utama komunikasi dalam HMAP, yaitu sebagai pengendali, motivasi, pernyataan emosional, dan informasi yang didapatkan melalui komunikasi baik verbal maupun non verbal.

C. Kesadaran Kolektif

Adanya perasaan yang sama dalam organisasi, adanya suatu kewajiban moral untuk melaksanakan tuntutan-tuntutan yaitu merupakan tugas, kewajiban, tanggungjawab, hak, dan wewenang.

Terakhir bahwa dalam upgrading ini yang paling penting adalah kesadaran bersama utuk memajukan organisasi yang dinamis, harmonis, dan progresif agar HMAP menjadi role model organisasi kampus Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *