Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

WORKSHOP PENULISAN BUKU DAN STRATEGI PENERBITAN BUKU PADA PENERBIT BESAR

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

WORKSHOP PENULISAN BUKU DAN STRATEGI PENERBITAN BUKU PADA PENERBIT BESAR

Purwokerto, Jum’at, 9 Maret 2018

Acara workshop digelar di UNU Purwokerto ( Jumat, 9 Maret 2018, Pukul 08.00 – 11.00 ) dengan tema acara

” Workshop Penulisan Buku dan Strategi Penerbitan Buku Pada Penerbit Besar ” Acara ini mengundang Narasumber berpengalaman dalam bidang penulisan dan penerbitan buku. Buku yang telah dipublikasikan sebanyak 14 buah buku,  yaitu Bapak Dr. Icuk Rangga Bawono,S.H.,S.E.,M.Si.,M.H.,Ak.CA.(Bagaimana menulis buku dan strategi penerbitan)

Sebelum ke acara inti workshop, narasumber menyerahkan 5 buku hasil karyanya kepada Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, Prof.Dr.Ir. Akhmad Sodiq,M.Sc.Agr. Buku-buku yang ditulis oleh narasumber diantaranya adalah mengenai perpajakan,ekonomi,keuangan,perdagangan,hukum, dan bisnis.

Pada kegiatan workshop ini, membahas tentang cara dan kiat menulis buku, buku ajar ataupun buku yang lainnya.

Narasumber menyampaikan bahwa pada proses akan menulis buku jangan sampai ada mental block, yang membuat penulis (dalam konteks ini adalah Dosen)tidak memulai untuk menulis, karena merasa buku yang akan ditulis hasilnya tidak layak dan tidak menarik. Ini tidak boleh terjadi pada penulis.

Narasumber berpesan bahwa ketika ada ide, dianjurkan untuk langsung dituangkan atau ditulis. Lalu dilanjutkan menulis dan mengembangkan ide awal tersebut, Dosen hendaknya bahkan diharuskan untuk pandai mengatur waktu untuk menulis buku. Setelah minimal mencapai 200 halaman tersusun, Dosen atau penulis mengajukan karyanya ke Penerbit Besar. Ketika lolos di Penerbit Besar,lalu ditahap revisi, Dosen di sarankan untuk segera merevisi supaya tahap editing lancar.

Setelah selesai mengikuti workshop ini, Rektor UNU Purwokerto berharap bahwa Dosen – Dosen di civitas UNU Purwokerto termotivasi untuk segera menulis ataupun menyusun buku sesuai dengan passion dan prodi masing – masing ataupun secara interdiplin bidang ilmu. Tidak hanya untuk kepentingan kenaikan jabatan fungsional namun demi kebermanfaatan ilmu para Dosen dan juga kepentingan orang lain,khususnya umat islam.

Penulis : Ade Christanty Yudha Bestari,S.S.,M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *