KUASAI TEORINYA, LAKUKAN PRAKTEKNYA : KOMUNIKASI
KUASAI TEORINYA, LAKUKAN PRAKTEKNYA : KOMUNIKASI
Dunia mahasiswa memang sangat kental dengan dunia teori, terutama mahasiswa yang baru duduk di bangku kuliah semester dua. Seperti halnya mahasiswa manajemen dan akuntansi semester dua Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto angkatan pertama ini, mereka berjumpa dengan teori-teori baru yang belum mereka jumpai saat di bangku SMA. Namun begitu, sebenarnya banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang telah mereka kerjakan tapi mereka tidak menyadari bahwa semua yang mereka telah kerjakan ada dalam teori yang mereka pelajari. Hal yang sangat mudah dilihat adalah cara berkomunikasi.
Mata kuliah komunikasi bisnis diberikan pada mahasiswa manajemen maupun akuntansi pada semester dua. Mata kuliah Komunikasi Bisnis bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berkomunikasi, baik tulisan maupun lisan. Kemampuan ini diharapkan akan bermanfaat dalam lingkungan kerja perusahaan atau organisasi lainnya. Diketahui bahwa sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan bahwa para akuntan memiliki kelemahan dalam berkomunikasi, maka dari itu komunikasi bisnis bukan saja penting untuk mahasiswa manajemen tetapi juga mahasiswa akuntansi.
Dengan demikian, agar mahasiswa manajemen maupun akuntansi tidak hanya sekedar menguasai teori komunikasi, tetapi juga dapat melakukan praktek sesuai dengan teori yang ada, maka dalam mata kuliah komunikasi bisnis diselipkan praktek langsung dalam kelas. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat menerapkan teori yang telah mereka dapatkan.
Salah satu pertemuan dalam mata kuliah komunikasi bisnis adalah membahas tentang Profesional dalam Bekerja dan dalam teori disampaikan tentang bagaimana cara melakukan telfon secara professional baik kata-kata yang digunakan, tinggi rendahnya suara maupun tekanan suara yang digunakan dan tidak kalah penting adalah waktu yang dipertimbangkan dalam menghubungi seseorang lewat telfon.
Dalam pertemuan tersebut mahasiswa diajak untuk benar-benar merasakan menjadi seorang professional dalam sebuah perusahaan. Mahasiswa diberikan teori terlebih dahulu kemudian dibagi secara berpasangan dan membuat subuah tema. Mahasiswa diberikan waktu untuk melakukan diskusi dengan partnernya yang kemudian setiap pasangan menampilkan hasil diskusinya dengan praktek langsung dalam melakukan komunikasi bisnis via telfon.
Hal yang sangat mengejutkan, banyak dari mahasiswa yang berhasil menunjukkan keprofresionalannya dalam berkomunikasi via telfon. Mahasiswa pun menyadari, bahwa hal yang selama ini dilakukannya memang berdasarkan teori, hanya saja mereka belum mempelajarinya. Diharapkan setelah mendapatkan teori dalam matakuliah ini, mahasiswa menjadi lebih paham dan memperbaiki pola komunikasinya terutama dalam urusan professional.
Tentunya dengan diberikan kesempatan pada mahasiswa untuk praktek langsung setelah mendapatkan teori akan semakin mengasah kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan baik. Hal terdekat yang bisa mereka praktekan langsung adalah berkomunikasi yang baik dan benar dengan para dosen yang dapat juga dipraktekan dalam organisasi atau keseharian mereka.
Dengan demikian tujuan dari matakuliah Komunikasi bisnis, yaitu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berkomunikasi, baik tulisan maupun lisan dapat tercapai dan hal ini menjadi bekal penting untuk para mahasiswa dalam keseharian baik organisasi, keluarga, maupun dunia kerja.