Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

DISKUSI MENGENAI ASESMEN LAPANGAN (AL) AKREDITASI PROGRAM STUDI, AKREDITASI PERGURUAN TINGGI, DAN KAMPUS MERDEKA BERSAMA DEWAN EKSEKUTIF BAN PT (SUGIYONO, Ph.D)

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

UNU Purwokerto, 26 Juni 2020. Akreditasi merupakan proses protet mengenai implementasi SPMI di perguruan tinggi. Sehingga perlu adanya SPME yang dilaksanakan BAN PT.

Acara diskusi ini dihadiri oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Ketua LP3M, Ketua LPPM, serta tim Akreditasi Perguruan Tinggi. Pak Rektor Prof.Dr. Rochadi Abdulhadi membuka acara ini sekaligus menjadi moderator dari Pak Sugiyono. Dalam sambutannya, Pak Rektor mengatakan bahwa akreditasi adalah kerja tim, sehingga berharap seluruh elemen terlibat dalam menyiapkan kebutuhan akreditasi.

Pak Sugiyono memaparkan mengenai tiga hal. Yang pertama mengenai AL secara Daring. Pak Sugiyono mengatakan bahwa AL Daring harus disiapkan data pendukung yang disimpan pada google drive/lainnya, sehingga asesor dapat membuka link tersebut. Pak Sugiyono, juga menjelaskan teknis pelaksanaan AL secara daring. Kedua, Beliau menyampaikan mengenai kampus merdeka bahwa regulasi mengenai kampus merdeka harus dipahami secara matang. Sehingga perlu kehati-hatian dalam membuat kebijakan ini pada kampus masing-masing. Karena pada dasarnya kampus wajib menfasilitasi mahasiswa, namun mahasiswa yabg memutuskan untuk mengikuti kebijakan tersebut atau tetap dengan kebijakan kurikulum sebelumnya. Hal ketiga, Pak Sugiyono membahas mengenai Akreditasi perguruan tinggi. Pada APT, kriteria yang digunakan adalah 9 kriteria sehingga mengacu pada output dan outcome. Pemahaman mengenai implementasi SPMI merupakan hal penting untuk dapat menyusun borang akreditasi dengan 9 kriteria.

Bukti efektifitas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) menjadi hal yang sangat penting. Sehingga perlu adanya pemahaman bersama mengenai implementasi siklus SPMI di UNU Purwokerto demi terciptanya budaya mutu yang berkelanjutan serta adanya peningkatan standar mutu di UNU Purwokerto. SPMI dan SPME merupakan ranah tugas dan fungsi Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M).
Penulis (Ade.C.Y. Bestari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *