Alamat Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
Call us: (0281) 6841836
e-mail: unupurwokerto@gmail.com

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA PURWOKERTO MENGIKUTI HIBAH PEMBINAAN SPMI PROGRAM STUDI DARI KEMDIKBUDRISTEK

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA PURWOKERTO MENGIKUTI HIBAH PEMBINAAN SPMI PROGRAM STUDI DARI KEMDIKBUDRISTEK

Purwokerto (04-10-2022) UNU Purwokerto terpilih untuk mengikuti program Hibah SPMI yang selenggarakan oleh Kemdikbud melalui tim fasilitator dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). UNU Purwokerto merupakan 1 dari 11 Perguruan Tinggi peserta Mitra UMS dalam program hibah pembinaan SPMI. Pembinaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Program Studi merupakan program Kemdikbud Diktiristek dalam peningkatan mutu Pendidikan tinggi untuk membangun budaya mutu melalui penguatan system penjaminan mutu di Perguruan Tinggi dalam membina program studi untuk implementasi system penjaminan mutu program studi secara utuh.

Gambar 1. Daftar Perguruan Tinggi Peserta Mitra UMS

Tujuan Program membangun perguruan tinggi berbudaya mutu, mengembangkan system penjaminan mutu secara terstruktur dan berkelanjutan di perguruan tinggi dan memfungsikan SPMI dalam membina Program Studi untuk melaksanakan Penjaminan Mutu secra utuh. Kegiatan Hibah Pembinaan SPMI ini telah di mulai sejak tanggal 1 Agutus 2022 dan akan berakhir pada 29 Oktober 2022.

Aktivitas yang dilaksanakan meliputi (1) Internalisasi Kebijakan SPM Dikti (2) Perancangan SPMI Perguruan Tinggi: (a). Dokumen Kebijakan dan Organ (b) Bimtek Dokumen SPMI, (3) Open House UMS, (4) Praktik Baik Implementasi SPMI UMS, (5) Pendampingan Implementasi PPEPP; (a) Pelatihan Evaluasi (b) Implementasi Evaluasi (c) Pendampingan Pengendalian dan RTL, (6) Monev Kegiatan.

Gambar 2. Summary Avtivitas

Ketua pelaksana program hibah pembinaan SPMI dari UNU Purwokerto Ade Christanty Yudha Bestari, S.S., M.Si selaku ketua LP3M UNU Purwokerto mengatakan “UNU Purwokerto menjadi 1 dari 11 perguruan tinggi yang menjadi mitra kegiatan yang diselenggarakan oleh UMS melalui hibah Kemdikbudristek ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk kelengkapan dokumen mutu dan optimalisasi implementasi SPMI di UNU Purwokerto serta kelengkapan pelaporan pada sistem spmi.kemdikbud.go.id sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) dari program hibah ini. Tim perwakilan UNU Purwokerto juga melaksanakan presentasi di setiap sesi kegiatan untuk hasil analisis dokumen SPMI yang dimiliki dan juga hasil bimtek penyempurnaan dokumen mutu.

Gambar 3. Kegiatan Bimbingan Teknis Penyempurnaan Dokumen SPMI

Jajaran Pimpinan Universitas, Fakultas, Prodi, Unit/Lembaga dan unsur penjaminan mutu Universitas/Fakultas/Prodi mengikuti kegiatan pembinaan SPMI ini untuk mencapai IKU dan IKT program pembinaan SPMI serta tercapai luaran kegiatan. Diharapkan dengan terselenggaranya rangkaian kegiatan pembinaan SPMI ini maka implementasi PPEPP SPMI di UNU Purwokerto akan semakin optimal dan tentunya akan berdampak pada peningkatan akreditasi. Serta SDM yang tersosialisasi SPMI akan semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.