Alamat Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
Call us: (0281) 6841836
e-mail: unupurwokerto@gmail.com

UNU Purwokerto Kampus Winduaji Gelar Kuliah Umum Bersama Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM

UNU Purwokerto Kampus Winduaji Gelar Kuliah Umum Bersama Sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM

Kuliah umum bersama Ir. Arif Rahman Hakim, MS. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto Kampus Winduaji.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di pendopo Unu Purwokerto Kampus Winduaji Sabtu, (12/3/2022), dihadiri oleh kepala dinas koperasi dan UKM kabupaten Banyumas, wakil rektor dan dosen UNU Purwokerto, BEM Unu Purwokerto, Mahasiswa Unu Purwokerto, Pejabat Desa setempat dan tamu undangan lainya.

Wakil Rektor 1 dalam sambutannya mengatakan bahwa Unu Purwokerto memiliki komitmen dalam membangun jiwa kewirausahaan para mahasiswa Unu Purwokerto. hal itu dapat dibuktikan dengan memasukkan mata kuliah kewirausahaan kedalam mata kuliah wajib dan mengadakan UKM kewirausahaan. “Disini kita memiliki salah satu konten yang ada di dalam visi Unu Purwokerto yang memang sejalan dengan apa yang akan kita laksanakan pada hari ini yaitu kuliah umum terkait dengan koperasi dan UKM, yaitu tentang jiwa wirausaha. Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh Unu Purwokerto adalah memasukkan kewirausahaan atau mata kewirausahaan ke dalam mata kuliah wajib universitas 4 SKS dan pelatihan-pelatihan dan bahkan kita memiliki UKM kewirausahaan yang kemaren Alhamdulillah mendapatkan juara 3 nasional”, tuturnya.

Dalam mengawali kuliah umum Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM  menyampaikan bahwa di era modern saat ini kita sangat beruntung dengan memanfaatkan dukungan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN maupun perusahaan swasta telah menyediakan program CSR untuk membantu anak-anak muda untuk memulai usaha dengan baik. ” Jadi sekarang kita sangat beruntung, kita bisa memanfaatkan semua dukungan yang saat ini disediakan baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN maupun perusahaan-perusahaan besar swasta yang memiliki program CSR untuk membantu anak-anak muda supaya mereka lebih bisa memulai usahanya dengan baik”, ujar sekretaris kementerian koperasi dan UKM.

Sekretaris kementerian koperasi dan UKM menjelaskan bahwa Presiden Jokowi telah mewajibkan kepada kementerian lembaga untuk mengalokasikan 40 persen belanjanya untuk produk-produk usaha mikro kecil dan menengah.

Selanjutnya Beliau menginformasikan bahwa di kementerian koperasi dan UKM yang bisa dimanfaatkan adalah memperluas akses pembiayaan yang dimana dalam memulai usaha seringkali menjadi ketakutan karena tidak memiliki modal, sebenarnya pemerintah sudah banyak menyediakan banyak modal murah yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok.

Tidak berhenti disana, setelah pemaparan materi oleh Arif Rahman H, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon Mangga yang didampingi oleh kepala Dinas Koprasi dan UKM Kabupaten Banyumas, Drs. H. Joko Wiyono, M.M bertujuan untuk penghijauan.

Setelah acara tersebut para tamu undangan bersama Wakil Rektor UNU Purwokerto mengadakan makan bersama dengan konsep berlayar mengelilingi Waduk Penjalin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.