PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

NAMA PRODI :

PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

 

VISI

“ Menjadi program studi yang unggul dibidang Pendidikan Bahasa Inggrissehingga mampu bersaingdi tingkat localdan global serta menunjukkan eksistensinya di kancah internasional dengan berbasis akhlakul karimah, profesionalisme, dan integritaspada tahun 2021”.

 

MISI

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sampai tahun 2021:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas untuk menghasilkan pendidik bahasa Inggris yang profesional dan berwawasan global serta berakhlakul karimah.
  2. Menyelenggarakan penelitian dibidang pendidikan, keguruan dan pengembangan bahasa Inggris berdasarkan IPTEKS yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan bahasa Inggris.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan komunikatif.
  4. Mengembangkan kemandirian dan profesionalisme mahasiswa untuk menguasai bidang keahliannya sehingga mampu dan berprestasi baik nasional maupun internasional.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dan tata kelola kelembagaan secara efektif dan efisien untuk menunjang peningkatan mutu program studi.
  6. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan untuk mengembangkan keilmuan dan pembinaan pendidikan tingkat sekolah secara profesional.

TUJUAN

Tujuan Program  Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah:

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris yang berjiwa Pancasila, mempunyai kemampuan intelektual. Kemampuan profesional, berwawasan baik nasional maupun internasional.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta menghasilkan karya ilmiah dalam Pendidikan Bahasa Inggris yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan nasional.
  3. Menghasilkan guru mata pelajaran Pendidikan Bahasa Inggris yang profesional, dan terampil menerapkan strategi pembelajaran yang kreatif, inovatif dan berwawasan seni dan budaya.
  4. Menghasilkan luaran pendidikan yang mampu menyebarluaskan IPTEK bidang mata pelajaran Pendidikan Bahasa Inggris untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran di tingkat Sekolah menengah.
  5. Menghasilkan luaran yang berorientasi dalam pengembangan English for Specific Purposes melalui jalur akademisi maupun praktisi.
  6. Menjalin kerjasama dengan stakeholders yang terkait untuk meningkatkan mutu dan profesinalitas lulusan Pendidikan Bahasa Inggris.
  7. Mewujudkan kemajuan IPTEKS metode pengajaran pendidikan dini hingga menengah yang selalu sesuai dengan dinamika perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah  dalam jangka waktu 4-5 tahun. Sesuai dengan yang digambarkan mengenai profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, maka lulusan yang dihasilkan memiliki peluang luas dalam hal penyerapan tenaga kerja. Lulusan program studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris nantinya diproyeksikan dapat berprofesi di berbagai bidang baik formal maupun non formal. Untuk aspek kebutuhan fasilitator Bahasa Inggris di sekolah formal berdasarkan data menunjukkan kebutuhan yang tinggi sejumlah 4130 di tingkat nasional untuk pendidikan formal (Kompasiana, 26 Juni 2015). Sedangkan jumlah tersebut belum mencakup kebutuhan tutor bahasa Inggris di Indonesia yang mencapai ribuan serta kebutuhan pegawai seperti translator, interpreter, staff di kedutaan, kementrian, perusahaan swasta dan semua bidang yang membutuhkan skill dan ketrampilan berbahasa Inggris dengan baik.

Dalam tingkat internasional kebutuhan lulusan pendidikan bahasa Inggris meningkat mengingat jumlah perusahaan internasional yang bertambah. Terlebih dengan berlakunya sistem Masyarakat Ekonomi ASEAN maka kebutuhan pengajar dan pegawai untuk tingkat internasional juga semakin meningkat. (Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 2015).

 

WEBSITE :

Pendidikan Bahasa Inggris UNU Purwokerto