TEKNIK PERTANIAN DAN BIOSISTEM

DRAFT PENGISIAN DATA WEBSITE

 

NAMA PRODI                         :

TEKNIK PERTANIAN DAN BIOSISTEM

 

VISI                                         : Menjadi pusat pendidikan Keteknikan Pertanian yang mandiri, berkualitas, dan memegang teguh nilai-nilai islami dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis kearifan local dan ramah lingkungan serta berperanaktif dalam pengembangan IPTEKS melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

MISI                                        :

  1. Melakukan proses pembelajaran yang berpegang teguh pada nilai-nilai agama islam untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi di bidang Keteknikan Pertanian.
  2. Membangun dan mengembangkan IPTEKS dalam bidang Keteknikan Pertanian yang berwawasan lingkungan.
  3. Melakukan sinergi dengan disiplin ilmu yang lain serta berperan aktif dalam kegiatan ilmiah di bidang Keteknikan Pertanian.

 

TUJUAN                                  :

  1. Menghasilkan lulusan sarjana Keteknikan Pertanian yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berkualitas, mandiri dan berwawasan luas, disiplin, memiliki jiwa kewirausahaan, memiliki semangat kerja yang tinggi dan mampu bersaing.
  2. Mengembangkan IPTEKS di bidang Keteknikan Pertanian dalam rangka mendorong swasembada pangan.
  3. Melakukan penelitian-penelitian di bidang Keteknikan Pertanian serta menerapkan hasil penelitian dalam rangka mendukung keberhasilan pembangunan nasional.

KOMPETENSI LULUSAN       :

Lulusan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem memiliki kompetensi yang mencakup sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran. Dalam hal ini profil lulusan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem akan menjadi pelaku di bidang Pertanian, pendidik, pengusaha, peneliti.

Kualitas lulusan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kurikulum pendidikan, ketersediaan sarana prasarana, kualitas sumber daya tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan motivasi mahasiswa. Dalam hal input, Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem melakukan seleksi yang ketat kepada para calon mahasiswa, guna memperoleh calon mahasiswa yang berkualitas dan bermotivasi tinggi. Demikian pula input tenaga pendidik, dilakukan seleksi yang ketat dengan memperhatikan kompetensi dan kesesuaian bidang ilmu dengan kompetensi program studi. Pada tataran proses pembelajaran, kualitas dan kompetensi tenaga pendidik menjadi pertimbangan utama dalam penugasan tenaga pendidik dalam suatu mata kuliah dan pembimbingan tugas akhir. Demikian pula kelengkapan kurikulum, RPS, dan evaluasi pembelajaran menjadi bagian yang  penting guna meningkatkan kualitas lulusan.

Mahasiswa sebagai calon lulusan juga diberi kesempatan untuk mengembangkan diri, antara lain melalui seminar dan lokakarya, kegiatan ilmiah, kuliah umum yang menghadirkan para praktisi dan profesional yang diselenggarakan secara rutin.Melalui kegiatan-kegiatan ini, mahasiswa memperoleh tambahan pengetahuan, baik teoritik maupun praktik, yang berguna untuk mengembangkan kualitas dan daya saingnya.

Guna evaluasi kualitas lulusan, Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem melakukan studi pelacakan alumni untuk memperoleh umpan balik penyelenggaraan proses pembelajaran. Umpan balik dilakukan untuk perbaikan kualitas lulusan serta kurikulum pendidikan. Pencarian umpan balik ini dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh alumni. Selain itu, mahasiswa, tenaga pendidik, serta tenaga kependidikan juga memberikan umpan balik atas pelaksanaan sistem yang berjalan guna evaluasi dan perbaikan sistem pada masa yang akan datang.

 

PROFIL LULUSAN                                                                                                                              : Lulusan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem memiliki kompetensi yang mencakup sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus, menjadi pelaku di bidang Pertanian, Pendidik, Pengusaha, Peneliti. Lulusan PS TPB dirancang untuk memiliki sikap dan etos yang baik, mampu mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan permasalahan Teknik yang meliputi ; desain, konstruksi, aplikasi dan manajemen alat/mesin pertanian, struktur/bangunan pertanian, pengolahan produk pertanian dan pangan, energi terbarukan. sistem dan manajemen mekanisasi pertanian. Selain itu, lulusan PS TPB juga memiliki sikap kepedulian sosial, professional, karakter kewirausahaan (entrepreneurship), memiliki motivasi yang tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu berkomunikasi efektif, mampu bekerjasama dan patuh terhadap etika keteknikan (engineering ethics).

 

WEBSITE :

Teknik Pertanian dan Biosistem UNU Purwokerto