MATEMATIKA

NAMA PRODI                        :

MATEMATIKA

 

VISI                                         :

“Program Studi Matematika Universitas Nahdlatul Ulama samapai tahun 2021 mampu menjadi program studi yang unggul secara nasional dalam pendidikan bidang matematika, serta menghasilkan lulusanyang kompeten dalam pengembangan pemodelan matematika dalam bidang sosial, ekonomi, teknologi informasi, berjiwa wirausaha dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional untuk mendukung perkembangan masyarakat ilmiah yang beradab dan bermoralitas Islami”.

 

MISI                                        :

Misi Program Studi Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto sampai tahun 2021:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran matematika yang berbasis pada penelitian guna menghasilkan SDM yangberjiwa wirausaha dan bermoralitas Islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berwawasan pada kualitas, profesionalisme dan akuntabel.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan kesejahtaraan masyarakat dan lingkungannya.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan stakeholder dalam pengembangan sumber daya dan mengimplementasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya pemodelan matematika dalam bidang sosial, ekonomi, dan teknologi informasi.

 

TUJUAN                          :

Tujuan Program Studi Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto sampai tahun 2021 mampu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengembangkan matematika
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan cepat beradaptasi denganmasyarakat dunia kerja
  4. Menghasilkan lulusan yang siap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  5. Menjalin kerja sama dalam pendidikan dan penelitian
  6. Menjadi pusat pengembangan matematika terapan
  7. Menjadi pusat penyebarluasan dan konsultasi matematika

KOMPETENSI LULUSAN     :

Lulusan Program Studi Matematika memiliki kompetensi lulusan yang dirumuskan dalam capaian pembelajaran. Dalam hal aspek sikap, lulusan Program Studi  Matematika memiliki ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan bersikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, berperan sebagai warga negara yang cinta tanah air dan memiliki nasionalisme, menghargai keanekaragaman, mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial, taat hukum dan disiplin, mampu menginternalisasi nilai dan norma, menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan, dan memiliki semangat kemandirian dan kewirausahaan.

 

Dalam hal aspek pengetahuan, lulusan program Studi Matematika mengacu pada Level 6 dalam Kualifikasi KKNI atau sesuai Standar Isi Pembelajaran Permendikbud No.49 Tahun 2014,  yaitu menguasai konsep teoritis dalam bidang statistika dan terapannya, menguasai konsep teoretik pengambilan keputusan yang terkait dengan manajerial, menguasai verifikasi pengolahan data dalam dasar-dasar metode penelitian baik rumpun ilmu eksak maupun sosial.

 

Dalam hal aspek ketrampilan umum, program Studi Matematika melahirkan lulusan yang mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan dan penerapan teori-teori matematika, statistika dan terapannya. Lulusan Program Studi Matematika juga mampu bekerja secara mandiri dan bermutu, serta mampu menyusun hasil kajian ilmiah seperti skripsi. Kemampuan ini didukung kemampuan untuk dokumentasi dan tidak melakukan plagiasi. Ketrampilan umum yang dimiliki oleh lulusan program Studi Matematikajuga mampu mengambil keputusan secara tepat untuk menyelesaikan masalah, membangun dan mengembangkan jaringan, bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, serta mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja.

 

Selanjutnya lulusan Program Studi Matematika juga memiliki ketrampilan khusus dalam hal penguasaan masalah-masalah pengambilan keputusan yang berlangsung dalam pemerintahan dan masyarakat, merumuskan pemecahan masalah yang diambil secara sederhana, mampu membangun konsesus sebagai bentuk penyelesaian masalah, serta mampu melakukan penelitian dalam bidang statistika memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian yang didukung metodologi penelitian yang tepat.

 

PROFIL KELULUSAN            :

Mengacu pada Permendikbud No.49 Tahun 2014, lulusan program Studi Matematika dalam memiliki kompetensi yang mencakup sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran.  Dalam hal ini profil lulusan rogram Studi  Matematikadapat diterima di Lembaga pemerintahan (Depdagri, Diknas, Depkeu, Dephan dll),  Sektor industri/jasa keuangan (perbankan, asuransi, bursa saham, BUMN), Industri strategis (PT. PAL, PT.KAI, PT.PLN, PT.GAS, dll), Bidang industri perangkat lunak dan komputer(perancangansistem,programming, desain grafis, dll), Bidang industri penerbitan dan percetakan, Industri telekomunikasi (telematika, Telkom), Industri pengolahan data dan informasi (BPS, LSI, Barometer, LRI, dll), Bidang riset dan pengembangan (LIPI, BATAN, LAPAN, BPPR,Marketing Riset Informasi, dll), Bidang akademik, sebagai dosen di PTN dan PTS.

 

WEBSITE :

Matematika UNU Purwokerto