ILMU PERIKANAN

NAMA PRODI :

ILMU PERIKANAN

 

VISI               : “Unggul dan Profesional dalam menghasilkan sumber daya manusia perikanan  yang berkualitas kompeten mampu bersaing di level nasional maupun internasional dengan berlandaskan nilai-nilai ahlus sunnah wal jamaah, kearifan lokal dan wawasan global.”

 

MISI                : 1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang perikanan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan professional serta memiliki nilai-nilai keIslaman, kearifan lokal, wawasan global dan kemampuan untuk pemecahan masalah bangsa, negara, dan agama.

  1. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang perikanan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, pembangunan berkelanjutan, teknologi, baik level nasional maupun internasional, berlandaskan nilai-nilai keIslaman, berkearifan lokal, berorientasi global, untuk pemecahan masalah bangsa, negara, dan agama.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang perikanan untuk membantu menjawab permasalahan masyarakat di bidang perikanan, dengan mengedepankan nilai-nilai keIslaman dan kearifan lokal.

TUJUAN          : 1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas, keahlian, profesional dalam bidang perikanan, memiliki landasan keIslaman, kearifan lokal dan berorientasi global.

  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan kebudayaan melalui kegiatan penelitian di bidang perikanan, berlandaskan nilai-nilai keIslaman, berkearifan lokal, berorientasi global, untuk pemecahan masalah bangsa, negara, dan agama.
  2. Menerapkan ilmu perikanan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengedepankan pemecahan permasalahan kemasyarakatan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat

KOMPETENSI LULUSAN : Peluang kerja lulusan Program Studi Ilmu Perikanan dalam jangka waktu 4-5 tahun sesuai dengan yang digambarkan mengenai profil lulusan Program Studi Perikanan maka lulusan yang dihasilkan memiliki peluang luas dalam hal penyerapan tenaga kerja.

  • Sektor Swasta (15%) : Lulusan mahasiswa perikanan dapat bekerja di pabrik pakan ikan dan ternak baik di bidang Quality Control, Produksi, Penjualan, Pembelian dan Human Resource. Pekerjaan yang masih dilingkup perikanan selain itu pengolahan ikan, tambak ikan atau udang dan beberapa jenis ikan lainnnya.
  • Kepemerintahan (35%): Lulusan dapat bekerja di Kementerian Kemaritiman maupun Kementrian Kelautan dan Perikanan, di Dinas Provinsi maupun Kabupaten, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Balai Karantina Ikan, Balai Riset Pengembangan Budidaya ataupun diinstansi yang tidak mengharuskan jurusan tertentu untuk menduduki posisi pekerjaannya misalnya pegawai bank.

Pengajar dan Akademi (35%) : keberadaan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program pascasarjana dalam ilmu yang serumpun memungkinkan lulusan Program Studi Ilmu Perikanan UNU Purwokerto dapat melanjutkan program S2 di beberapa Program Studi Perikanan dan Ilmu Kelautan yang tersebar di seluruh Indonesia serta dapat menjadi Dosen, Guru Sekolah Perikanan, Laboran, Peneliti, Staf Ahli dan sebagainya baik di swasta maupun negeri,

Wiraswasta (15%) : lulusan perikanan sangat berpotensi mengembangkan sektor wiraswasta, dapat bekerja di sektor budidaya mulai pemijahan (hasil telor langsung jual seperti gurami (Osphronemus gouramy), pendederan, pembenihan, pembesaran baik ikan hias maupun konsumsi, penjualan ikan konsumsi, penjualan sebagai agen pakan ikan atau distributor, selain itu bisa mengolah ikan menjadi produk jadi, dari krupuk ikan, dendeng ikan, sampai usaha ikan bakar. Di sektor penangkapan dapat menjadi nelayan lobster, penangkapan ikan hias, konsumsi serta penyedia logistik nelayan .

Lulusan Studi Ilmu Perikanan umumnya memiliki kesempatan kerja lebih tinggi. Hal ini mengingat kemajuan sektor perikanan sedang menjadi salah satu fokus utama perhatian pemerintah untuk menjadikan Negara Indonesia menjadi negara maritim.

PROFIL LULUSAN : Mengacu pada Permendikbud No.49 Tahun 2014, lulusan Program Studi Ilmu Perikanan Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto memiliki kompetensi yang mencakup sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran. Dalam hal ini profil lulusan Program Studi Ilmu Perikanan Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto dapat masuk di berbagai bidang lapangan pekerjaan, seperti: (1)  instansi pemerintah (peneliti), (2) swasta, dll, (3) lembaga-lembaga lain yang membutuhkan keahlian ilmu perikanan. Di sisi lain, pemerintah masih memiliki kebutuhan di seluruh wilayah Indonesia dengan pembukaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari tahun ke tahun.

 

WEBSITE :

Ilmu Perikanan UNU Purwokerto