BIOLOGI

NAMA PRODI                         :

BIOLOGI

 

VISI                                         :

“Visi Program Studi Biologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto pada tahun 2018 yaitu mampu menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan IPTEKS melalui pelaksanaan pendidikan, peneltian dan pengabdian masyarakat dalam bidang biologi lingkungan urban serta bioteknologi yang bermanfaat bagi pengelolaan sumberdaya hayati berdasarkan nilai-nilai keislaman, kearifan lokal dan berwawasan global”

 

MISI                                        :

Misi Program Studi Biologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto dilaksanakan untuk pencapaian visi Program Studi Biologi yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang optimal agar menghasilkan lulusan sarjana yang berkualitas, berwawasan lingkungan dan didasari nilai keislaman, serta memiliki daya saing tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan Negara dengan memperhatikan kearifan lokal.
  3. Mengembangkan penelitian agar mendukung terciptanya sumberdaya hayati yang berkelanjutan serta mengembangkan teknologi yang bermanfaat bagi pengelolaan sumber daya hayati.

 

TUJUAN                                  :

Tujuan Program Studi Biologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto adalah menghasilkan lulusan sarjana yang :

  1. Memiliki pemahaman konsep yang baik sehingga mampu memberikan solusi pada berbagai permasalahan bidang biologi
  2. Mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi
  3. Mampu turut menjaga keseimbangan ekosistem agar tercipta lingkungan hayati yang berkelanjutan.

KOMPETENSI LULUSAN       :

Dalam hal aspek kompetensi utama, Program Studi Biologi melahirkan lulusan yang mampu menguasai dasar ilmu biologi, mampu menerapkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki untuk kegiatan produktif dan pelayanan pada masyarakat, kreatif dan mampu berinovasi dalam pengembangan produk pangan baru, mampu meningkatkan diversifikasi dan nilai tambah bahan pangan, mampu meningkatkan nilai tambah hasil samping industri pangan, mampu merencanakan, merancang dan mengelola usaha kecil dan menengah industri pangan yang berwawasan lingkungan.

Lulusan Program Studi Biologi juga mampu bekerja secara mandiri dan bermutu, serta mampu menyusun hasil kajian ilmiah seperti skripsi. Kemampuan ini didukung kemampuan untuk dokumentasi dan tidak melakukan plagiasi. Keterampilan umum yang dimiliki oleh lulusan Program Studi Biologi  juga mampu mengambil keputusan secara tepat untuk menyelesaikan masalah, membangun dan mengembangkan jaringan, bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, serta mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja.

Selanjutnya lulusan Program Studi Biologi juga memiliki jiwa dan keahlian kewirausahaan yang andal, memiliki etika, moral luhur dan bermental tangguh, mampu berkomunikasi dengan baik, bekerjasama, dan bermasyarakat, mampu memanfaatkan teknologi informasi, mampu berpikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara professional, terampil menggunakan salah satu bahasa asing secara aktif terutama bahasa Inggris, adaptif, adoptif, dan cepat tanggap, inisiatif, kreatif, inovatif, dan produktif, mampu mengendalikan diri, memiliki integritas dan disiplin tinggi, memahami estetika, etika sosial dan akademik.

 

PROFIL LULUSAN                  :

Pengusaha, peneliti, konsultan biologi, dosen, PNS, bekerja di Dinas/ Kementerian Daerah Kabupaten atau propinsi seperti Badan Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata, Balai Besar Sumberdaya Perairan, berbagai laboratorium umum milik pemerintah atau swasta, bekerja di LIPI, Dinas/ Kementerian Pusat seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan berbagai lembaga pemerintah dan swasta yang berkaitan dengan ilmu terapan dari Ilmu biologi seperti instansi perikanan, pertanian, peternakan kelautan dll.

 

WEBSITE :

Biologi UNU Purwokerto