Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

OVERVIEW-TEKNOLOGI PANGAN: SELAMAT HARI LAUT SEDUNIA, WORLD OCEAN DAY – INNOVATION FOR A SUSTAINABLE OCEAN

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

e-Foodtech Future – Hari Laut Sedunia diperingati pada 8 Juni setiap tahunnya yang bertujuan untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya laut bagi kehidupan mahkluk hidup. Peringatan Hari Laut Sedunia digagas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1992 dalam Earth Summit yang dilaksanakan di Rio de Janeiro, Brasil. Namun PBB baru mengesahkannya pada akhir 2008. Tema-tema peringatan Hari Laut Sedunia ini baru bermunculan sejak 2009.
Dikutip dari situs PBB, untuk tahun 2020, temanya adalah Inovasi untuk Laut yang Berkelanjutan. Melalui tema ini, orang-orang diajak untuk membahas cara-cara inovatif untuk menyelamatkan lautan untuk masa kini dan generasi mendatang. Inovasi itu bisa berupa teknologi, sistem infrastruktur, manajemen sumber daya, produk konsumen, keuangan, dan eksplorasi secara sains.
Inovasi diperlukan karena saat ini tingkat pencemaran laut sangat mengkhawatirkan karena dipenuhi sampah plastik, terjadi penurunan kadar air, air yang kotor, dan sebagainya. Karena laut menjadi salah satu kebutuhan utama manusia, melestarikan dan menjaga laut menjadi penting.

Tahun ini, Hari Laut Sedunia mengusung tema yang bernama “Our Oceans, Our Future”. “Our Oceans, Our Future” memiliki misi untuk mencegah sampah plastik masuk ke dalam laut dan membersihkan laut dari sampah plastik yang telah ada.

Kavadya Syska, Koordinator Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto menjelaskan bahwa ikan merupakan sumber dari 16 persen protein hewani yang dikonsumsi secara global. Selain ikan, laut juga menghasilkan rumput laut, udang dan makhluk laut lainnya yang menjadi sumber makanan berizi bagi manusia. Lalu, makanan laut juga berpotensi menjadi pendekatan yang lebih berkelanjutan dalam memberi makan penduduk dunia, terutama bila dibandingkan dengan daging sapi yang membutuhkan begitu banyak sumber daya untuk menghasilkan 1 gram protein saja.

Lebih lanjut, Kavadya Syska menjelaskan bahwa tema hari laut sedunia selaras dengan tagline Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, yaitu: Developing Creative and Innovative Future. Tagline ini merupakan spirit dalam mencapai Visi 2032 Program Studi Teknologi Pangan.

Bagi Indonesia sendiri, Hari Laut Sedunia ini relevan diperingati mengingat fakta bahwa Indonesia adalah negara maritim. Dikutip dari situs Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), luas lautan Indonesia mencapai 3,25 juta kilometer persegi dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 2,55 juta kilometer persegi. Luasnya lautan Indonesia ini melebihi luas daratan yakni 2,01 juta kilometer persegi. Sayangnya, Indonesia masih menghadapi persoalan penangkapan ikan secara ilegal serta berbagai bentuk pencemaran laut lainnya.

Sumber: wawancara dan olah pustaka

Selamat Hari Laut Sedunia, 8 Juni 2020: “Innovation for a Sustainable Ocean”

Teknologi Pangan: Kreatif, Inovatif, Luar Biasa
Teknologi Pangan: Developing Creative and Innovative Future

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *