NAMA PRODI : MATEMATIKA
PROFIL :
Program Studi Matematika (PSMAT) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto dibentuk berdasarkan ijin dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui SK No.494/KPT/I/2016 yang ditandatangani oleh sekertaris pada tanggal 30 November 2016 sedangkan mulai beroperasi pada September 2016. PSMAT mempunyai visi yang sejalan dengan fakultas dan universitas yaitu menjadi program studi yang unggul secara nasional dalam bidang keilmuan dan penerapan matematika untuk mendukung lingkungan pesantren berbasis nilai keislaman, berkearifan lokal, berjiwa wirausaha, dan berwawasan global. Dalam rangka merealisasikan visi tersebut, PSMAT mempunyai misi yang secara umum adalah penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dengan sistem tata kelola yang bersifat KTATA (Kredibel, Transparan, Akuntable, Tanggung Jawab dan Adil) serta melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Tujuan PSMAT yaitu perwujudan dari misi PSMAT melalui lulusan program studi yang sesuai dengan arahan PSMAT dan juga terjalinnya kerjasama dengan mitra-mitra yang relevan dengan PSMAT. Sedangakan sasasrannya merupakan target terukur dengan berbagai indikator tingkat keberhasilan yang telah ditetapkan agar sesuai dengan visi PSMAT. Pelaksanaannya dilakukan melalui strategi pencapaian yang tepat secara operasional yang dilaksanakan secara bertahap dengan acuan yang telah ditetapkan Lembaga yang terkait.
VISI :
Pada tahun 2032, menjadi program studi yang unggul secara nasional dalam bidang keilmuan dan penerapan matematika untuk mendukung lingkungan pesantren berbasis nilai keislaman, berkearifan lokal, berjiwa wirausaha, dan berwawasan global.
MISI :
Misi dari PSMAT Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto sampai tahun 2032 sebagai berikut :
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan Sarjana Matematika yang memiliki nilai-nilai keislaman, berkearifan lokal, berwawasan global dan berjiwa wirausaha.
- Mengembangkan penelitian untuk menghasilkan ilmu dan teknologi serta penerapan dalam kewirausahaan.
- Menyebarluaskan dan menerapkan ilmu dan penerapan teknologi berbasis lingkungan pesantren.
- Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
TUJUAN :
Tujuan dari PSMAT Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto sampai tahun 2032 sebagai berikut :
- Menghasilkan Sarjana Matematika yang memiliki nilai-nilai keislaman, kearifan lokal, berwawasan global dan berjiwa wirausaha.
- Meningkatkan penelitian untuk menghasilkan ilmu dan teknologi serta penerapan kewirausahaan.
- Meningkatkan transfer dan penerapan ilmu dan penerapan teknologi berbasis lingkungan pesantren.
- Meningkatkan kerjasama dengan berbagai lembaga untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
KOMPETENSI LULUSAN :
Lulusan Program Studi Matematika memiliki kompetensi lulusan yang dirumuskan dalam capaian pembelajaran. Dalam hal aspek sikap, lulusan Program Studi Matematika memiliki ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan bersikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, berperan sebagai warga negara yang cinta tanah air dan memiliki nasionalisme, menghargai keanekaragaman, mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial, taat hukum dan disiplin, mampu menginternalisasi nilai dan norma, menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan, dan memiliki semangat kemandirian dan kewirausahaan.
Dalam hal aspek pengetahuan, lulusan program Studi Matematika mengacu pada Level 6 dalam Kualifikasi KKNI atau sesuai Standar Isi Pembelajaran Permendikbud No.49 Tahun 2014, yaitu menguasai konsep teoritis dalam bidang statistika dan terapannya, menguasai konsep teoretik pengambilan keputusan yang terkait dengan manajerial, menguasai verifikasi pengolahan data dalam dasar-dasar metode penelitian baik rumpun ilmu eksak maupun sosial.
Dalam hal aspek ketrampilan umum, program Studi Matematika melahirkan lulusan yang mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan dan penerapan teori-teori matematika, statistika dan terapannya. Lulusan Program Studi Matematika juga mampu bekerja secara mandiri dan bermutu, serta mampu menyusun hasil kajian ilmiah seperti skripsi. Kemampuan ini didukung kemampuan untuk dokumentasi dan tidak melakukan plagiasi. Ketrampilan umum yang dimiliki oleh lulusan program Studi Matematikajuga mampu mengambil keputusan secara tepat untuk menyelesaikan masalah, membangun dan mengembangkan jaringan, bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, serta mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja.
Selanjutnya lulusan Program Studi Matematika juga memiliki ketrampilan khusus dalam hal penguasaan masalah-masalah pengambilan keputusan yang berlangsung dalam pemerintahan dan masyarakat, merumuskan pemecahan masalah yang diambil secara sederhana, mampu membangun konsesus sebagai bentuk penyelesaian masalah, serta mampu melakukan penelitian dalam bidang statistika memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian yang didukung metodologi penelitian yang tepat.
PROFIL KELULUSAN :
Mengacu pada Permendikbud No.49 Tahun 2014, lulusan program Studi Matematika dalam memiliki kompetensi yang mencakup sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran. Dalam hal ini profil lulusan rogram Studi Matematikadapat diterima di Lembaga pemerintahan (Depdagri, Diknas, Depkeu, Dephan dll), Sektor industri/jasa keuangan (perbankan, asuransi, bursa saham, BUMN), Industri strategis (PT. PAL, PT.KAI, PT.PLN, PT.GAS, dll), Bidang industri perangkat lunak dan komputer (perancangan sistem,programming, desain grafis, dll), Bidang industri penerbitan dan percetakan, Industri telekomunikasi (telematika, Telkom), Industri pengolahan data dan informasi (BPS, LSI, Barometer, LRI, dll), Bidang riset dan pengembangan (LIPI, BATAN, LAPAN, BPPR,Marketing Riset Informasi, dll), Bidang akademik, sebagai dosen di PTN dan PTS.
WEBSITE :