PRAKTIKUM LAPANGAN TAKSONOMI HEWAN DI PANTAI JETIS KABUPATEN CILACAP PRODI BIOLOGI TAHUN AJARAN 2018/2019

Sesuai dengan kurikulum Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, mahasiswa telah melaksanakan praktikum lapangan mata kuliah Taksonomi Hewan. Praktikum dilaksanakan pada Minggu, 28 April 2019 di Pantai Jetis Kabupaten Cilacap.

Dalam praktikum lapangan mahasiswa diharapkan mampu melakukan pengambilan sampel dan mengidentifikasi spesies yang ditemukan. Praktikum tersebut terdiri dari 2 acara, yaitu pengambilan sampel makrobentos pesisir Pantai Jetis dan sampel ikan laut. Pengambilan sampel spesies dalam praktikum lapangan ini menggunakan metode non random sampling. Setiap sampel akan dideskripsikan berdasarkan Karakter Taksonomi. Berdasarkan hasil praktikum lapangan tersebut, jumlah sampel makrobentos pesisir Pantai Jetis yang didapatkan adalah 23 spesies dari Phylum Moluska dan tiga spesies dari Phylum Crustacea. Sementara itu, jumlah sampel ikan laut yang didapat sebanyak 23 spesies dari tiga Class, yakni Pisces, Actinopterygii, dan Chondrichtyes.

Berdasarkan hasil praktikum lapangan tersebut, jumlah sampel makrobentos pesisir Pantai Jetis yang didapatkan adalah 23 spesies dari Phylum Moluska dan tiga spesies dari Phylum Crustacea. Sementara itu, jumlah sampel ikan laut yang didapat sebanyak 23 spesies dari tiga Class, yakni Pisces, Actinopterygii, dan Chondrichtyes.

Sehingga, dari praktikum ini, mahasiswa Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UNU Purwokerto dapat mengenali dan mengklasifikasikan ikan atau makhluk hidup lainnya di Pantai Jetis. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengetahui keberagaman ikan dan makrobentos yang ada di Pantai Jetis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *