“CLOSE WITH NATURE”, KUNJUNGAN LAPANG HIMAGROTEK UNU PURWOKERTO KE KEBUN ANGGREK SEKAR GUMILANG BATURRADEN

Purwokerto, 2 November 2018. Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK) Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto pada hari Jum’at 2 November 2018 melakukan kunjungan lapang ke Kebun Anggrek Sekar Gumilang di Desa Ketenger, Baturaden.  Sebelum berangkat Koordinator Prodi Agroteknologi Ibu Gita Anggraeni, S.P., M.Si., dan dosen Program Studi Agroteknologi, Ibu Larin Tikafebrianti, S.P., M.Agr., memberikan pengarahan dan melepas pemberangkatan pada pukul 13:30 WIB.

Sesampainya  di lokasi, anggota HIMAGROTEK UNU PURWOKERTO Berkenalan dan berbincang bersama Bapak Riyono pemilik Kebun Anggrek Sekar Gumilang.  Beliau memulai bisnis Tanaman Anggrek sekitar 18 tahun yang lalu, dari usahanya itu bisa menghasilkan pendapatan sekitar 20 juta per bulan.  Di dalam Green House terdapat berbagai jenis anggrek seperti Anggrek Vanda, Anggrek Bulan, Anggrek Cimbidium, Anggrek Dendrodium, Anggrek Cattleya, Anggrek Oncidium dan berbagai tanaman lainnya seperti Kaktus Hias, Kantong Semar.  Tanaman Anggrek yang paling mahal adalah Anggrek Vanda dengan harga berkisar 185–200 ribu.  Selain itu kebun Anggrek Sekar Gumilang juga menjual bibit anggrek dengan harga per botol 55 ribu dimana dalam satu botol tersebut berisi 25 bibit anggrek.  Perlu diketahui tanaman anggrek memiliki nama latin Orchidaceae dan perbanyakan tanaman anggrek dilakukan dengan kultur jaringan.

Setelah berbincang  dan mengamati Anggrek dan tanaman lain, perwakilan HIMAGROTEK UNU Purwokerto memberikan kenang-kenangan kepada Bapak Riyono karena telah menambah wawasan para anggota HIMAGROTEK UNU Purwokerto tentang tanaman anggrek.  Tidak lupa kami berfoto bersama pemilik kebun Anggrek Sekar Gumilang.

Selepas kunjungan ke kebun anggrek, anggota HIMAGROTEK UNU Purwokerto membahas rencana kegiatan selanjutnya tentang pengukuhan HIMPUNAN MAHASISWA AGROTEKNOLOGI Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto.  Di tengah–tengah pembahasan, Wakil Rektor bidang Akademik Fakultas Sains dan Teknologi UNU Purwokerto, Bapak. Dr. Ir. Heru Adi Djatmiko, M.P., berkenan datang dan memberikan pengarahan kepada seluruh anggota HIMAGROTEK.

Penulis : Alamsyah Revoaji Fatahilah dan Deki Dwi Kurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *