MAHASISWA PETERNAKAN DI KONTES DAN EXPO HEWAN TERNAK CILACAP 2018

Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 27 dan 28 Oktober 2018 di Lapangan Holcim, Desa Karang Talun Cilacap, Himpunan Mahasiswa Peternakan (HIMAPET) UNU Purwokerto, mengikuti acara Kontes dan Expo Hewan Ternak. Acara ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap. Tahun ini adalah kali ke-2 acara tersebut dilaksanakan. Acara tersebut dipanitiai oleh panitia inti dan pelaksana yang jumlahnya kurang lebih 90 orang. Panitia inti terdiri dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap dan pelaksananya melibatkan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Cilacap, Peternak Akar Rumput, DNI dan komunitas ternak lainnya.

Tujuan dari diadakannya acara Kontes dan Expo Hewan Ternak tersebut antara lain mengenalkan ternak kepada masyarakat, mengapresiasi peternak-peternak, dan mengenalkan produk hasil ternak. Kegiatan di hari pertama Sabtu, 27 Oktober 2018  antara lain pembukaan Kontes dan Expo Hewan Ternak pada pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh ketua panitia. Acara selanjutnya adalah minum susu bersama 1000 anak dan lomba-lomba. Kegiatan minum susu bersama 1000 anak ini berhasil dengan lancar dan meriah. Tujuan diadakannya minum susu bersama yang sasarannya adalah anak-anak adalah menjadikan susu sebagai makanan dan minuman yang populer di masyarakat. Peserta yang mengikuti lomba-lomba terdiri dari tingkat PAUD, TK, dan SD dengan jumlah peserta kurang lebih 450 anak. Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan antara lain lomba mewarnai, lomba mewarnai/menyemir domba dan kambing, lomba foto dengan ternak dan lomba menangkap domba dengan tujuan mengenalkan ternak kepada masyarakat khususnya ternak Domba dan Kambing.

Kegiatan di hari ke-2 Minggu, 28 Oktober 2018 acara dimulai pukul 07.30 WIB. Kegiatan pertama adalah pendaftaran dan registrasi peserta kontes ternak, berlangsung dari pukul 07.30-09.00 WIB. Peserta lomba kontes ternak ini tidak hanya dari daerah Cilacap tapi juga dari daerah Banyumas, Purbalingga, Banjar, Kebumen dan daerah sekitarnya. Acara selanjutnya adalah acara skill up (sarasehan) pada pukul 09.30 WIB  dengan pemateri Drh. Nur Ardianto dari Wonosobo mengisi tentang kesehatan ternak dan ilmu reproduksi ternak. Pemateri kedua adalah  Fahmi Talib dari Jakarta, owner dari juraganaqiqah.com. Peserta sarasehan terdiri dari peserta kontes, mahasiswa Fakultas Peternakan UNU Purwokerto dan UNSOED serta masyarakat yang ingin menambah wawasannya tentang ternak. Setelah kegiatan sarasehan adalah penjurian pada pukul 18.00 WIB. Ada 10 kategori penjurian antara lain, (Kambing jawa randu) : pejantan, indukan, calon pejantan, calon induk, (PE Lokal) : Pejantan, indukan, calon pejantan, calon induk, (Karasidenan banyumas) : betina dan pejantan. Dalam penjurian kurang lebih ada 11 penilaian antara lain body, reproduksi, produksi, ekor, kepala, fenotip dan lain –lain.

Dari acara Kontes Dan Expo hewan tenak yang diadakan di kabupaten cilacap ini kita dapat mengetahui bahwa beternak dapat menghasilkan keuntungan. Keuntungan untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Di sisi lain kita dapat mempekerjakan orang untuk membantu usaha kita, kita juga dapat meningkatkan produktifitas pangan di masyarakat” ungkap Gita yang merupakan mahasiswi Program Studi Peternakan UNU Purwokerto.

Penulis    : Gita Fitriani (Mahasiswi Peternakan 2018, UNU Purwokerto)

Editor          : RF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *