PUBLIC LECTURE “CROSS CULTURAL UNDERSTANDING (CCU)”PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNU PURWOKERTO

PUBLIC LECTURE “CROSS CULTURAL UNDERSTANDING (CCU)”PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNU PURWOKERTO

Purwokerto, 27 Oktober 2018. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan Public Lecture bertema Cross Cultural Understanding (CCU). Acara ini dimulai jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Tema ini sangat penting pada era milenial ini. Dimana pemahaman kebudayaan lintas negara perlu diketahui oleh mahasiswa – mahasiwa UNU Purwokerto. Bahasa sangat erat kaitannya dengan kebudayaan. Sehingga kuliah umum ini sangat penting untuk dilaksanakan. Narasumber pada acara ini yaitu Pak Mustika Aji Hertanto, S.Pd., M.A. Beliau merupakan lulusan The Ohio State University, USA. Narasumber berasal dari desa Pancurendang, Ajibarang.

           

Gambar 1. Pak Mustika Aji Hertanto

Gambar 2. Pak Mustika dalam penyampaian materi CCU

Di awal acara, Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Asfi Aniuranti, S.Pd. M.A. membuka secara resmi acara public lecture ini. Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang turut hadir yaitu Meilina Haris Mayekti, S.Pd., M.Pd., Dinar Faiza, S.S., M.A., Ade Christanty Yudha Bestari, S.S., M.Si., Naeli Rosyidah, S.S., M.Hum., Happy Nur Tsani, S.Pd., M.Pd., Asep Budiman, S.,Pd., M.Pd.

Dalam materinya Pak Mustika menyampaikan bahwa Cross Cultural Understanding (CCU) adalah proses pemahaman budaya dari negara tertentu. Lalu apa itu CCU?. Pak Mustika mengatakan ”CCU adalah Accepted dan Familiar”. Sehingga kita harus bisa menerima dan menghormati budaya negara tertentu. Tidak boleh menjelekkan budaya tertentu. “Itu yang namanya Understanding”, kata Pak Mustika.

Selain itu, Cultural Understanding merupakan suatu Perception. Persepsi seseorang terhadap suatu budaya dan memahami kebiasaan serta perbedaan budaya suatu negara

Gambar 3. Antusiasme mahasiswa dalam public lecture.

Setelah penyampaian materi, Pak mustika mengelompokan audience pada public lecture menjadi 8 kelompok. Masing- masing kelompok mempraktikan serta menganalisis kebudayaan dan kebiasaan. Di akhir acara ini, seluruh peserta public lecture berfoto bersama narasumber beserta sebagian dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, UNU Purwokerto.

Gambar 4. Foto Bersama Narasumber

Dengan diadakannya kuliah umun ini, diharapkan seluruh peserta meliputi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 dan angkatan 2018, supaya lebih semangat serta termotivasi untuk berprestasi di pendidikan tinggi. Serta mampu berkontribusi secara aktif sebagai bagian dari civitas akademik UNU Purwokerto. Dengan Bahasa Inggris, mahasiswa dapat mempunyai akses dan menjadi SDM berkualitas dalam era global. (Penulis: Mrs Ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *