UNU PURWOKERTO GELAR KULIAH UMUM “MEMBANGUN SEMANGAT KREATIF DI ERA GLOBALISASI”

Purwokerto, 24 Oktober 2018. Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto mendapat kesempatan mengadakan Kuliah Umum dengan pembicara dari The University of Tokyo, Prof. Dr. Andi Cahyono Saliman dengan tema “Membangun Semangat Mahasiswa yang Kreatif dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi”. Beliau  adalah President Director / CEO di PT. Global Agrotek, Senior Vice President PT Ecos Budiman Sejati, Bandung dan juga merupakan founder dan inventor dari Bio-Composite pada PT Kenaf Indonesia Mandiri.

Perkuliahan diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Rektor Universitas Nahdatul Ulama, yaitu Bapak Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr. Perkuliahan juga dimoderatori langsung oleh Bapak Akhmad Sodiq. Melalui perkuliahan ini, Prof. Dr. Andi Cahyono Saliman menyampaikan bahwa dengan keyakinan dan dibekali dengan ilmu pengetahuan akan membuat mahasiswa siap untuk menghadapi tantangan era globalisasi saat ini. Generasi sekarang seharusnya lebih kreatif dan inovatif dan mampu bersaing dengan orang asing.

Prof. Dr. Andi Cahyono Saliman meyakini ada beberapa cara yang dapat diaplikasikan untuk meraih kesusksesan. Pertama adalah ilmu. Mahasiswa wajib mempelajari ilmu secara tuntas dari berbagai sumber yang ada dan dapat mengimplenmentasikannya pada lingkungannya. Kedua, agar dapat meraih kesuksesan, mahasiswa harus mengimbangi dengan memiliki akhlak yang baik, karena akhlak merupakan fondasi yang kokoh bagi terciptanya hubungan baik antara hamba dengan Allah SWT. “Kesuksesan Dunia Akhirat” dapat dicapai jika kita memiliki fondasi akhlak yang baik dan dibangun dengan ilmu yang bermanfaat.

Prof. Dr. Andi Cahyono Saliman menceritakan tentang pencapaian dan prestasi yang sudah  diakui di dunia dan saat ini memiliki Mega Project yang disebut Agropolitan. Beliau mendorong kepada mahasiswa UNU Purwokerto agar menjadi terpacu dan kreatif untuk lebih serius mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan saat ini.  Beliau memotifasi mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri maupun untuk orang lain disekitarnya.

Dalam kuliah umum ini juga dilakukan sesi tanya jawab dan diskusi.  Antusiasme mahasiswa UNU Purwokerto terlihat dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada pembicara. Salah satunya adalah dari mahasiswa Administrasi Publik yang mengungkapkan cita-citanya untuk menciptakan kampus sendiri di lingkungan tempat tinggalnya. Mahasiswa tersebut menanyakan apa yang harus dilakukan agar cita-citanya berhasil. Menanggapi apa yang disampaikan oleh mahasiswa,  Prof. Dr. Andi Cahyono Saliman menyampaikan di era saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah sekolah swasta. Dengan mengajak tenaga ahli yang berkompeten dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk promosi, dapat menjembatani cita-cita tersebut. Pertanyaan lainnya disampaikan oleh mahasiswa Akuntasi tentang motivasi Prof. Dr. Andi Cahyono Saliman dalam melakukan banyak hal dan melakukan penelitian. Menanggapi pertanyaan tersebut, beliau menyampaikan tujuannya yaitu ingin memberi kontribusi positif untuk dunia. Bermanfaat bagi yang lain merupakan kepuasan tersendiri bagi beliau.

Melalui kuliah umum ini, diharapkan akan memberikan motivasi kepada mahasiswa UNU Purwokerto agar terpacu untuk membangun jiwa kreatif, inovatif dan mandiri. Selain itu juga akan mendorong semangat mahasiswa untuk berperan dan berkonstribusi secara aktif sebagai civitas akademika, Sehingga nantinya mereka akan menjadi individu berkualitas yang siap bersaing secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *