MENGEJUTKAN, TERNYATA INI YANG DILAKUKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA PURWOKERTO DI LAHAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

MENGEJUTKAN, TERNYATA INI YANG DILAKUKAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA PURWOKERTO DI LAHAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

Purwokerto, Senin, 23 Agustus 2018

Keberhasilan budidaya pertanian sangat ditentukan oleh kondisi iklim setempat, seperti penyinaran, curah hujan, suhu dan kelembaban udara yang secara umum dikenal dengan agroklimatologi.  Pengetahuan tentang iklim sangat diperlukan sebagai dasar pengelolaan sistem budidaya tanaman.  Mengingat pentingnya penguasaan pengetahuan tersebut, mahasiswa Program Studi Agroteknologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto melaksanakan kegiatan praktik pengukuran unsur-unsur iklim pada beberapa kondisi lahan yang berbeda.

Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Tanah dan lahan percobaan Fakultas Pertanian Unsoed selama dua hari mulai tanggal 12 hingga 13 Mei 2018.  Mahasiswa yang terlibat dalam praktik tersebut sebanyak 34 orang yang berasal dari Program Studi Agroteknologi serta Program Studi  Teknik Pertanian dan Biosistem.  Kegiatan tersebut meliputi pengenalan alat-alat pengukur cuaca/iklim, praktik penggunaan alat hingga pengolahan data yang diperoleh.  Pengukuran dilakukan pada empat kondisi lahan yang berbeda yaitu tegalan, kebun campur, sawah dan padang rumput.  Unsur iklim yang diukur meliputi suhu udara, suhu tanah, kelembaban udara, kelembaban tanah, laju penguapan dan curah hujan.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa menguasai dengan baik pengetahuan tentang iklim dan cuaca dalam bidang pertanian, mampu melakukan pengukuran beberapa unsur iklim dan mengolah data iklim.  Setelah lulus nantinya diharapkan mampu menggunakan penguasaan agroklimatologi dalam dunia profesional sebagai dasar perencanaan, pengelolaan dan evaluasi dalam kegiatan pertanian sehingga tercapai Good Agriculture Practice (GAP).

Penulis : Ahmad Fauzi, S.P., M.P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *