KULIAH UMUM, SOSIALISASI PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) RISTEKDIKTI, DAN PEMBENTUKAN KEPANITIAAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) DI UNU PURWOKERTO

KULIAH UMUM, SOSIALISASI PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA (PKM) RISTEKDIKTI, DAN PEMBENTUKAN KEPANITIAAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB)  DI UNU PURWOKERTO

Purwokerto, Senin, 6 Agustus 2018. Kuliah Umum kembali diadakan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto (UNU Purwokerto) berintregasi dengan program dari BI yakni Bank Indonesia Mengajar dengan tema “Mengenal Lebih Dekat Peran Bank Sentral Terhadap Perekonomian Nasional”.Kuliah Umum ini dibuka sekaligus di moderatori oleh Dekan Fakultas Sosial Humaniora UNU Purwokerto, Bapak Sugeng Riyadi,S.H.,M.H. Lalu Narasumber dari BI yaitu Ibu Andi Reina Sari(Kepala Perwakilan BI Purwokerto).

Gambar 1. Narasumber dari BI

Dalam penjelasannya narasumber mengatakan bahwa BI sebagai bank sentral tidak hanya mengendalikan uang tetapi juga berwenang mengendalikan stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah. Dan tentu saja BI selalu meminimalisir inflasi negara Indonesia.

Ibu Andi Reina  juga menambahkan bahwa BI juga mengatur distribusi uang ke seluruh wilayah Indonesia. Fungsi dan tugas pokok BI adalah sebagai stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran dan pengaturan uang rupiah.

Gambar 2. Sesi Foto Bersama Narasumber BI

Setelah acara kuliah umum,dilanjutkan dengan sosialisasi PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Ristekdikti. Sosialisasi ini disampaikan oleh Dosen berprestasi Teknik Pertanian Unsoed, Bapak Ropiudin,S.TP.,M.Si. Bapak Ropi mengatakan bahwa kegiatan PKM dari Ristekdikti hendaknya diikuti oleh mahasiswa UNU Purwokerto. Semua mahasiswa dapat mengikuti PKM ini,kuncinya adalah mereka hendaknya mempunyai kemauan dan tekad kuat untuk menghasilkan sebuah karya /penelitian yang inovatif,kreatif dan berbeda dari hal biasa. Bapak Ropi memberikan salah satu contoh dari karya inovatif PKM. Contohnya pada penelitian yang di buat salah satu mahasiswa dimana penerangan lampu taman di hasilkan oleh pembakaran sampah taman yang berada di bawah taman.

Gambar 3. Sosialisasi PKM

Dengan adanya sosialisasi PKM ini,diharapkan mahasiswa UNU Purwokerto akan semakin termotivasi untuk berkarya dan menghasilkan suatu penelitian yg kreatif dan bernilai manfaat.

Di penghujung acara, dilaksanakan pembentukan kepanitiaan PKKMB(Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru). Kegiatan PKKMB merupakan agenda rutin yang di laksanakan UNU Purwokerto dalam rangka menyambut dan mengenalkan kehidupan atau dunia kampus kepada mahasiswa baru(tahun akademik 2018/2019).

Gambar 4. Pembentukan Kepanitiaan PKKMB

Dengan diadakannya serangkaian acara ini,diharapkan para mahasiswa dan Dosen UNU Purwokerto dapat menyiapkan kepanitiaan PKKMB  secara matang dan bersinergi untuk menyambut mahasiswa baru UNU Purwokerto, serta menyiapkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam proses pembuatan dan penyusunan PKM. Hal ini tentu saja sangat mendukung dan berpengaruh terhadap  kemajuan UNU Purwokerto.

 

Penulis: Ade Christanty Yudha Bestari,S.S.,M.Si.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *