MAHASISWA BIOLOGI UNU PURWOKERTO BERWIRAUSAHA, KULIAH TETAP JADI PRIORITAS

Mahasiswa Biologi UNU Purwokerto Berwirausaha, Kuliah Tetap Jadi Prioritas

Bagi mahasiswa, manajemen yang baik menjadi sebuah kewajiban yang harus dikuasai. Terutama bagi Nura khabita, seorang mahasiswa biologi UNU Purwokerto yang kuliah sambil berwirausaha. Kuliah adalah prioritas utama baginya. Nura merupakan mahasiswa yang sukses berwirausaha dan memiliki nilai indeks prestasi mahasiswa (IPK) yang sangat memuaskan yaitu 4.

Wanita kelahiran 22 Maret 1990 ini mulai berlatih berwirausaha Sejak berumur 11 tahun ketika duduk di bangku MI kelas 5 pada tahun 2001. Nura diminta orangtuanya berbelanja di pasar dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan warung kelontong milik orangtuanya. Sejak tahun 2008 ketika Nura duduk dibangku Madarasah  Aliyah, dia mulai berwirausaha dengan modal sekitar 200.000 rupiah untuk  berjualan gorengan dengan berkeliling desa. “Saya juga berjualan kerudung, sandal, baju, rok, sarung, korden, tas, boneka, produk-produk kesehatan dan lain-lain. Biasanya saya lebih banyak sistem dropship atau sesuai pesanan. Jadi tidak banyak stok di rumah,” ungkap putri ke 3 dari 6 bersaudara ini.

Sekitar tahun 2014, Nura menerima pesanan catering antara lain snack, nasi box, kue basah (seperti cake, roti gulung, brownies,  onde-onde ketan, onde ketawa, dadar gulung, pancake durian, risoles dan lain-lain), dan kue kering (seperti nastar, kastengel, putri salju dan lain-lain). “Saya belajar membuat kue kering dari nol sampai mahir. Setelah punya 2 putra, saya membatasi pesanan kue kering dalam jumlah banyak,” Ujar putri dari almarhum Muktafin Wiyono.

Nura berjualan di sosial media seperti Whatshap, Facebook dan Instagram. Dia juga memiliki toko di shopee dengan produk sandal santai dan harga terjangkau. Banyak pembeli yang order kodian untuk dijual lagi karena harganya murah. “Saya juga jualan musiman. Misalnya ketika bulan Ramadhan, saya jualan kurma. Ketika musim durian, saya jualan pancake durian. Ketika menjelang hari raya idhul fitri, saya jualan baju-baju dan kue kering. Ketika menjelang hari raya idhul fitri, saya jualan batu bakar. Ketika musim dingin tiba, saya berjualan jacket, selimut dan mantel (jas hujan).” Kata Nura saat berbincang dengan saya belum lama ini. Mahasiswa biologi UNU Purwokerto ini benar-benar memanfaatkan peluang yang ada.

Pengalaman menyenangkan bagi Nura ketika berjualan adalah ketika ada pembeli yang order dalam jumlah banyak, tetapi tidak menawar harga, serta ketika keuangannya sedang menipis dan ada pembeli tak diduga, itu juga sangat menyenangkan baginya. Pengalaman menyedihkan ketika ada orderan tetapi pembeli meminta kredit, sementara modalnya pas-pasan. Suksesnya wirausaha mahasiswa biologi UNU Purwokerto ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa-mahasiswa lain di seluruh prodi di UNU Purwokerto untuk kuliah sambil berwirausaha seperti tagline UNU Purwokerto yaitu Kuliah Sambil Berwirausaha, di Sini Tempatnya!!!

Penulis: Eti Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.

One thought on “MAHASISWA BIOLOGI UNU PURWOKERTO BERWIRAUSAHA, KULIAH TETAP JADI PRIORITAS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *