HIMA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS GELAR LOMBA STORYTELLING

“TAKE THE CHALLENGE & EXPLODE YOUR STORY” – HIMA PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS GELAR LOMBA STORYTELLING

 

Dalam rangka mengasah kemampuan Bahasa Inggris, menumbuhkan kegemaran membaca, menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris kepada generasi muda, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (HIMA Prodi-PBI) Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, mengadakan Lomba Storytelling tingkat SMA/SMK/Sederajat kelas XII untuk wilayah Se-Karesidenan Banyumas, Brebes, Tegal dan Pekalongan  pada tanggal 12 Mei 2018. Kegiatan ini juga bertujuan menjaring calon-calon mahasiswa berprestasi yang mempunyai kemampuan dan minat yang tinggi terhadap Bahasa Inggris untuk berkuliah di UNU Purwokerto. Pemberian penghargaan Beasiswa di UNU Purwokerto berupa Beasiswa Full Study  untuk Juara I, Beasiswa 2 tahun untuk Juara 2, dan Pengurangan SPP 1 tahun untuk Juara 3, bermaksud memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan tinggi dan mengenyam pendidikan terbaik dan berkualitas di UNU Purwokerto.

Dengan mengusung tagline “Take The Challenge & Explode Your Story”, lomba Storytelling ini diikuti sebanyak 16 peserta lulusan dari berbagai SMA, SMK dan MA di seluruh wilayah Se-Karesidenan Banyumas. Tema dan konsep Storytelling bebas namun berisi pesan moral. Beberapa tema yang ditampilkan peserta di antaranya adalah legenda dan fairy tale. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr.Ir Heru Adi Djatmiko, M.Pd dan berlangsung dari pukul 07.00-12.00 WIB dengan menggunakan Full English. Tim juri untuk perlombaan ini adalah para dosen berkompeten dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Windhariyanti Dyah K, M.A., M.Pd,  Asfi Aniuranti, S.Pd, M.A dan M. Happy Nur Tsani, M.Pd.  Penilaian dilakukan berdasarkan aspek Fluency (kefasihan dalam ketepatan pronounciation, intonasi dialog, dan kelancaran berbahasa Inggris), Performance (Penampilan secara keseluruhan dari segi ekspresi, kemampuan akting, penguasaan panggung, penggunaan properti dan lain-lain) dan Contents (meliputi tema dan isi cerita yang dibawakan, juga pesan moral yang disampaikan). Berdasarkan aspek penilaian tersebut, Juara I dimenangkan oleh Lisa Nurfaizah dari SMA Al-Irsyad, Juara II dimenangkan oleh Aqimi Dinana Agit Qorri Aena dari MA Al-Ikhsan Beji sedangkan Juara III dimenangkan oleh Sakur Rizki Mubarok dari MA Al-Ikhsan Beji. Selain pemberian beasiswa, para pemenang juga mendapatkan Uang Pembinaan dan Sertifikat dari UNU Purwokerto.

Melalui lomba Storytelling ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi, kemampuan dan kreatifitas para generasi muda untuk terbiasa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Karena generasi muda Indonesia saat ini adalah generasi milenial yang hidup di era globalisasi dan penguasaan Bahasa Inggris merupakan kunci utama untuk bisa menghadapi daya saing global. UNU Purwokerto sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia juga akan terus mendukung dan mempersiapkan generasi muda yang berkompeten dan siap menghadapi era globalisasi. Meskipun UNU Purwokerto tergolong sebagai universitas yang masih muda dan baru berdiri setahun yang lalu, tetapi UNU Purwokerto terus berkomitmen dalam pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh anak bangsa, terutama generasi Islam di Indonesia dan khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.

 

Penulis : Dinar Faiza

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *