Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

Press Release Webinar “Kesiapan Indonesia dengan Vaksin Covid-19”

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

Apakah Indonesia Sudah Siap dengan Vaksin Covid-19?

Purwokerto, 07 November 2020

Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto (PS Biologi FST UNU Purwokerto) telah menggelar webinar nasional yang dilaksanakan secara daring dengan tema “Kesiapan Indonesia dengan Vaksin Covid-19” dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-4 Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto yang jatuh pada 30 November 2020.

Webinar kali ini menghadirkan dua narasumber dan dimoderatori oleh Ari Dwi Nurasih, S.Si., M.Biotech yang merupakan dosen di PS Biologi FST UNU Purwokerto. Narasumber pertama, Dr. dr. Wahyu Siswandari, Sp.PK., M.Si.Med. (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jendral Soedirman), memaparkan materi denga judul “Patomekanisme dan Pemeriksaan Laboratorium Covid-19”. Sedangkan narasumber kedua, Iwan Setiawan, S.E., M.M (Head of Corporate Communication PT. Bio Farma), memberikan penjelasan tentang peranan PT. Bio Farma terhadap vaksin Covid-19 dengan judul “Upaya Bio Farma dalam Pengembangan dan Penyediaan Vaksin Covid-19”.

Acara dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Rochadi Abdulhadi selaku Rektor UNU Purwokerto. Dalam sambutannya, Prof. Rochadi menyatakan bahwa kegiatan webinar ini sangat bermanfaat karena mengangkat tema yang up to date (kekinian –red) dan diharapkan dapat memberi informasi kepada masyarakat sejauh mana vaksin Covid-19 ini telah disiapkan di Indonesia. Webinar  kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber.

Pemaparan pertama oleh Dr. dr. Wahyu Siswandari, Sp.PK., M.Si.Med. diawali dengan penjelasan mengenai struktur virus SARS-CoV-2 (Covid-19) dan bagaimana mekanisme serta gejala yang ditimbulkan pada seseorang yang terinfeksi virus Covid-19 ini. Menurutnya, virus Covid-19 yang berhasil masuk ke dalam tubuh akan terdeteksi oleh sistem imun tubuh secara alamiah.

Respon imun akan bereaksi dengan cara membentuk antibodi untuk melawan dan membunuh virus tersebut. Namun, jika respons imun tidak bekerja dengan baik maka justru akan memperburuk inflamasi dan dapat menyebabkan kerusakan organ. Pada umumnya, respons netralisasi antibodi terhadap virus Covid-19 mulai terbentuk pada minggu kedua setelah infeksi, namun dapat juga terbentuk antibodi lebih awal ataupun lebih lambat. Selanjutnya, pemeriksaan laboratorium pada pasien terduga Covid-19 dapat meliputi pemeriksaan hematologi, hemostasis, kimia klinik, sero-imunologi dan molekuler yang masing-masing memiliki parameter berbeda.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Iwan Setiawan, S.E., M.M. Beliau memaparkan tentang sekilas pandang PT. Bio Farma, proses pengembangan dan produksi vaksin, progres vaksin Covid-19, serta komitmen vaksin halal Bio Farma. Menurutnya, berbagai upaya dilakukan untuk mencegah tersebarnya virus ini dengan pengadaan vaksin Covid-19. Salah satunya produksi vaksin dari Bio Farma. Bio Farma menjadi satu-satunya produsen vaksin Covid-19 dari Indonesia yang telah memenuhi persyaratan. Bio Farma tercatat sebagai salah satu dari banyaknya produsen vaksin di dunia yang telah mendapatkan prakualifikasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Lebih lanjut, Iwan Setiawan, S.E., M.M. menyampaikan bahwa progres vaksin covid-19 dari Bio Farma sudah memasuki uji klinis tahap 3. Pada uji pertama, vaksin telah disuntikkan kepada 1.620 orang relawan, suntikan kedua kepada 1.543 orang relawan dan telah melalui tahap pengambilan darah pasca penyuntikan kedua (periode monitoring efikasi) sebanyak 1.064 relawan. Beliau juga mengatakan bahwa Bio Farma berkomitmen untuk memproduksi produk-produk halal. Dalam mengembangkan produk-produk halal, Bio Farma memastikannya pada setiap material (bahan), fasilitas (peralatan) serta prosesnya.

Koprodi Biologi, Eti Wahyuningsih menyatakan bahwa sebagian vaksin COVID-19 yang dikembangkan membutuhkan waktu yang lama untuk siap digunakan karena harus melalui berbagai uji klinis. Oleh karena itu, webinar ini diharapkan mampu memberikan pemahaman terhadap kesiapan Indonesia dengan adanya vaksin COVID-19.

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai dengan selesai acara.

Webinar selengkapnya dapat disimak di Youtube Biologi UNU Purwokerto.

Contact Person

  • Email : unupwt@gmail.com
  • Instagram : @himabiounupurwokerto_
  • Youtube : Biologi UNU Purwokerto
  • Materi webinar :

“Patomekanisme dan Pemeriksaan Laboratorium Covid-19”

https://drive.google.com/file/d/11eElPLue7Pjp78feE-zb2DvUJNTfCfFr/view?usp=drivesdk

“Upaya Biofarma dalam Pengembangan Vaksin Covid-19”

https://drive.google.com/file/d/11bdHWgriP08u16dNdtsdwrNWgb92OW91/view?usp=drivesdk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *