Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

PMB-Teknologi Pangan: Kepedulian Mahasiswa Teknologi Pangan Gratiskan Biaya Pendaftaran

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

e-Foodtech Future – Sepanjang tahun ini merupakan tahun yang berat bagi kita semua, mulai dari merebaknya Pandemi Covid-19 yang tentunya berimbas kepada semua aspek kehidupan kita, mulai dari kesehatan, pendidikan, dan pastinya ekonomi. Hal ini terlihat dengan cukup banyak perusahaan yang tidak mampu bertahan sehingga banyak memicu para karyawan kehilangan pekerjaan mereka. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menangani masalah ini antara lain memberikan sembako, mengurangi besaran pajak yang harus dibayarkan perusahaan, memberikan insentif, dan lainnya. Namun, bantuan dari pemerintah saja tidaklah cukup. Keadaan ini bisa menjadi momentum yang tepat bagi kita semua untuk saling membantu dan belajar lebih peduli dengan sesama, bukan terbatas pada kata-kata saja, tapi lebih ke sikap dan tindakan dimana kalian ikut terlibat meringankan beban sesama.

Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menggalang kepedulian bersama untuk meringankan calon adik tingkatnya di Program Studi Teknologi Pangan UNU Purwokerto. Kepedulian dilakukan dengan memberikan bantuan biaya pendaftaran saat mendaftar menjadi Mahasiswa UNU Purwokerto pada Program Studi Teknologi Pangan, sehingga biaya pendaftaran menjadi gratis.

Program ini mendapatkan respon yang positif dari Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan UNU Purwokerto. Fatimah Wahdah, Mahasiswi semester 5 Program Studi Teknologi Pangan UNU Purwokerto menjelaskan bahwa program kepedulian mahasiswa dalam membantu biaya registrasi merupakan suatu kebijakan yang cukup baik, terutama untuk menumbuhkan rasa kepedulian guna saling berbagi kepada mahasiswa lain yang memang membutuhkan. Selain itu, dapat memberikan kesan menarik bagi mahasiswa yang telah membantu, seperti rasa kepuasan tersendiri belajar bersyukur dan belajar berbagi. Demikian ditambahkan Fatih, panggilan dari Fatimah Wahdah, penerima Hibah PKM-RE dan PHP2D dari Kemdikbudristek tahun 2021.

Hal senada diungkapkan oleh Nela Amalia, Mahasiswi semester 3 Program Studi Teknologi Pangan UNU Purwokerto menjelaskan bahwa program tersebut sangat baik karena dapat membentuk karakter yang penting untuk ditanamkan kepada mahasiswa. Dengan adanya kepedulian mahasiswa untuk membantu biaya registrasi ini, akan menumbuhkan rasa empati dan tanggung jawab yang tinggi pada mahasiswa. Nela, mahasiswi dari SMA 1 Pontianak, Kalimantan Barat ini menambahkan.

Lukmanto, Mahasiswa angkatan pertama Program Studi Teknologi Pertanian UNU Purwokerto dalam kesempatan diskusi program ini menjelaskan bahwa kepedulian mahasiswa terhadap calon mahasiswa baru sangat diperlukan guna meringankan dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya. Pembebasan biaya registrasi hanya sebagian kecil dari makna kebaikan besar dari sesama mahasiswa, sementara kedepan masih banyak hal yang harus di lalui dan itu semua membutuhkan keberanian sejati seorang mahasiswa pejuang dan seorang pejuang tidak akan ciut nyali dalam berproses. Berani berjuang, dan berani membayar harganya…karena tidak ada prestasi hidup tanpa nilai. Uang dapat di perjuangkan, tetapi kesempatan dan kesiapan akan berlalu begitu saja kalau tidak di ikuti oleh keberanian menangkapnya.

Restu Aji Saripwijaya Pranoto, Ketua Himitepa (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan) UNU Purwokerto menjelaskan Program ini merupakan progam khas dari Program Studi Teknologi Pangan UNU Purwokerto sebagai perwujudan rasa solidaritas dan kekeluargaan yang bangun untuk menciptakan rasa kepedulian antar sesama mahasiswa tanpa memandang tingkatan. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk latihan dalam mengamalkan nilai-nilai Agama Islam, yaitu tolong menolong dan bersedekah.

Kavadya Syska, S.P., M.Si. Koordinator Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, UNU Purwokerto sangat mengapresiasi kegiatan kepedulian mahasiswa untuk membantu biaya pendaftaran masuk ke Program Studi Teknologi Pangan UNU Purwoekrto. Kepedulian ini akan sangat memberikan makna mendalam bagi mahasiswa dlaam rangka mengasah softskill yang akan menjadi pondasi dalam bermasyarakat kelak. Pengembangan kepedulian menjadi saranan yang kokoh dalam mendukung merupakan bagian dari komitmen Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, UNU Purwokerto untuk melahirkan lulusan yang berjiwa sosial prima yang berakhlaqul karimah berbasis Aswaja an-Nahdliyah.

Sumber: wawancara
Teknologi Pangan: Kreatif, Inovatif, Luar Biasa
Teknologi Pangan: Developing Creative and Innovative Future

https://pstp.unupurwokerto.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *