Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

NASIONAL-Teknologi Pangan: Upaya Pemerintah Kembangkan Sektor Pangan Perlu Diapresiasi

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

Antara – Akademisi dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto, Jawa Tengah, Kavadya Syska mengatakan upaya pemerintah untuk mengembangkan sektor pangan perlu diapresiasi. Diharapkan keberpihakan pemerintah terhadap pertumbuhan di sektor pangan bisa terus dilakukan di masa mendatang.

“Pemerintah terus mengupayakan perkembangan sektor pangan guna membangun kemandirian pangan,” kata Kavadya Syska, di Purwokerto, dilansir dari Antara, Rabu, 18 Agustus 2021. Koordinator Program Studi Teknologi Pangan UNU Purwokerto itu menjelaskan salah satu hal yang ditekankan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI 2021 adalah mengenai pentingnya kemandirian pangan.

“Salah satu hal yang ditekankan Presiden adalah terkait dengan kemandirian pangan dan pembahasan tersebut sangat perlu diapresiasi,” katanya.

Dalam Pidato Kenegaraan tersebut, kata dia, Presiden mengatakan bahwa perkembangan sektor pangan terus diupayakan untuk membangun kemandirian pangan. “Hal tersebut sangat tepat karena Indonesia merupakan bangsa yang besar yang dapat mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan,” tuturnya.

Dia menambahkan guna mengakselerasi capaian kemandirian pangan maka ada berbagai hal yang perlu dilakukan. “Salah satunya mengejar percepatan tanam, mengembangkan kembali lahan rawa melalui intensifikasi dan ekstensifikasi lahan-lahan baru serta mengurangi impor dengan mengupayakan peningkatan produksi dalam negeri,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, program diversifikasi pangan melalui pemanfaatan berbagai sumber pangan lokal selain padi, misalnya singkong, sagu, pisang dan jagung harus terus diperkuat. “Dengan demikian berbagai produk tersebut akan menjadi produk olahan pangan yang berdaya saing,” tukasnya.

Terkait hal tersebut, kata dia, peran teknologi pangan sangat diperlukan untuk mendukung modernisasi pangan lokal yang halal, aman, dan mudah diakses.

“Selain itu, strategi kebijakan pengelolaan cadangan pangan perlu diperkuat guna makin meningkatkan sistem cadangan pangan pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah. Sementara di tingkat desa dapat dilakukan dengan menghidupkan lumbung pangan masyarakat bekerja sama dengan BUMDes,” urainya.

Apabila terus dikembangkan, kata dia, maka sektor pangan di desa akan mampu menggiatkan ekonomi dari wilayah dan akan berdampak secara global. Sehingga perlu secara intensif mengupayakan peningkatan daya saing pangan mulai tingkat desa.

Sumber: Berita Nasional
Teknologi Pangan: Kreatif, Inovatif, Luar Biasa
Teknologi Pangan: Developing Creative and Innovative Future

https://pstp.unupurwokerto.ac.id
https://jateng.antaranews.com/berita/398118/akademisi-upaya-pemerintah-kembangkan-sektor-pangan-perlu-diapresiasi
https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/8KyjP4vN-upaya-pemerintah-kembangkan-sektor-pangan-perlu-diapresiasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *