Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

MAHASISWA-Teknologi Pangan: Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMITEPA) Laksanakan Foodtech Mengaji Series 20 pada Malam 10 Muharram 1443 H

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

e-Foodtech Future – Melalui media zoom Program Studi Teknologi Pangan Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto laksanakan Foodtech mengaji yang secara rutin dilakukan sebagai salah satu program kerja dari Departemen of Islamic Affairs and Charitable pada Kamis, 19 Agustus 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen di Program Studi Teknologi Pangan. Kegiatan Foodtech Mengaji Series 20 ini mengangkat tema “Malam Kemuliaan Bulan Muharam” yang bertepatan dengan 10 Muharam 1443 H.

Restu Aji Saripwijaya Pranoto, Ketua Himitepa (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan) Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menyampaikan harapannya agar Himktepa tetap kompak dalam menjalankan kegiatan secara istiqomah, salah satunya kegiatan Foodtech Mengaji yang sudah rutin dilakukan.

Rangkaian acara Foodtech Mengaji series 20 ini sama dengan rangkaian acara Foodtech Mengaji series sebelumnya yaitu khataman, tahlilan, dan kultum. Meskipun kegiatan dilakukan dari rumah masing-masing namun tidak mengurangi makna dari acara foodtech mengaji. Optimalisasi teknologi informasi berupa video conference online sebagai bagian adaptif Himitepa dan meningkatkan daya saing di era Revolusi Industri 4.0.

Pada sesi kultum yang berisi tentang pentingnya dalam memperingati tanggal 10 Muharram, Inarotul Zahroh atau yang akrab dipanggil Ina salah satu anggota Department of Islamic Affairs and Charitable Activities Himitepa mengatakan bahwa yang terpenting dalam memperingati tanggal 10 Muharam adalah dapat mengambil pelajaran dari kejadian serta nilai-nilai pada masa silam yang sangat bernilai. Dengan demikian menjadikan tanggal 10 Muharram sebagai hari peningkatan beribadah kepada Allah Swt . Untuk mendapatkan keutamaan Tahun Baru Islam, umat Islam dianjurkan untuk melakukan sejumlah amalan baik di bulan Muharam. Contohnya melaksanakn puasa asyura, silaturahmi,memakai celak, bersedekah, menjaga kesucian, dan amalan baik lainnya.

Kavadya Syska, S.P., M.Si. Koordinator Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, UNU Purwokerto sangat mendorong kegiatan Foodtech Mengaji ini sebagai bagian dari rangkaian Kegiatan Foodtech Series yang dilaksanakan 2 kali tiap tahunnya. Khusus kegiatan Foodtech Mengaji dilaksanakan rutin tiap bulan atau khusus untuk hari-hari besar Islam. Khusus Foodtech Mengaji Series 20 ini yang bertepatan dengan 10 Muharram 1443 H sangat tepat waktunya mengingat banyak sejarah penuh nilai-nilai islami sejak penciptaan alam ini, Nabi Adam AS sampai Nabi Muhammad SAW yang patut diambil pelajaran untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari di era disrupsi saat ini. Kegiatan Foodtech Mengaji merupakan bagian dari komitmen Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, UNU Purwokerto untuk melahirkan lulusan yang berakhlaqul karimah berbasis Aswaja an-Nahdliyah.

Sumber: wawancara
Teknologi Pangan: Kreatif, Inovatif, Luar Biasa
Teknologi Pangan: Developing Creative and Innovative Future

https://pstp.unupurwokerto.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *