Jalan Sultan Agung No. 42, Karangklesem, Purwokerto
(0281) 6841836
unupurwokerto@gmail.com

Dapat Hibah Dirjen Dikti, UNU Purwokerto Mantapkan Sistem Penjaminan Mutu

Kuliah Sambil Berwirausaha Di Sini Tempatnya!!!

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menjadi salah satu dari 54 perguruan tinggi di Indonesia yang menerima hibah Program Bantuan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (PSPMI) tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Total hibah yang diterima mencapai angka Rp 197 juta. Rektor UNU Purwokerto, Prof. Dr. Rochadi Abdulhadi mengungkapkan dana tersebut akan dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan sistem penjaminan mutu yang sudah ada.

“Alhamdulillah UNU Purwokerto kan sudah terakreditasi Baik, kami concern agar mutu itu terus terjaga dan dapat ditingkatkan lagi sehingga kami berupaya memantapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal ini,” ungkap Prof. Rochadi kepada RRI, Senin (29/3/2021).

“Kami UNU dengan kondisi yang semuanya masih muda akan memantapkan sistem penjaminan mutunya agar betul-betul bisa lebih baik. Dengan demikian dalam menjamin mutu, dalam mengawasi jalannya pendidikan dan pengajaran maupun penelitian bisa betul-betul terarah,” lanjutnya.

Sistem Penjaminan Mutu Internal merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan setiap perguruan tinggi. Dengan menjaga dan meningkatkan mutu secara positif akan berdampak pada kualitas mahasiswa yang menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut.

“Kenapa itu penting? Karena ini menjadi landasan yang harus selalu dikawal. Karena mutu ini juga akan dievaluasi secara eksternal yang biasanya dalam bentuk akreditasi. Kami sudah terakreditasi Baik, intinya kan harus meningkatkan akreditasi yang lebih baik lagi,” tandas Rektor.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNU Purwokerto, Ade Christanty Yudha Bestari, S.S., M.Si. Menurutnya hibah yang diterima akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mutu dan kualitas pendidikan di UNU Purwokerto akan lebih terjamin, bahkan terus meningkat.

Sejumlah kegiatan telah diagendakan guna menindaklanjuti hibah yang diterima itu. Salah satunya yakni “Pencermatan Dokumen SPMI” yang telah digelar pada hari Sabtu dan Minggu (27-28/3/2021).

“Ke depan dengan adanya hibah ini Dokumen Standar Mutu yang telah disinkronisasikan dengan kebijakan BAN PT dan SN Dikti  dapat diimplementasikan dan Budaya Mutu SPMI di UNU Purwokerto dapat tercapai sesuai harapan,” harapnya.

Selain Pencermatan Dokumen SPMI yang telah digelar, guna meningkatkan SPMI di UNU Purwokerto  masih akan ada beberapa kegiatan lain yang menyusul seperti Revisi Dokumen Standard an Penyusunan Dokumen Standar Tambahan, Pelatihan Calon Auditor dan Penguatan Auditor, Sosialisasi Dokumen SPMI UNU Purwokerto, Pelaksanaan Audit Mutu Internal, Rapat Tinjauan Manajemen serta Pengembangan Sistem IT SPMI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *