HIMATIKA UNU PURWOKERTO MENGADAKAN KOMIK TINGKAT SD/MI SE-JAWA

Dalam rangka memperingati hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-94, Program studi matematika Universitas Nahdlatul Ulama purwokerto¬† mengadakan “KOMIK” Kompetisi Matematika Islamik dengan tema Mengiringi Era Revolusi Industri 4.0 dengan Prestasi Matematika Islamik, dengan diadakanya kompetisi ini diharapkan akan lahirnya matematikawan yang tidak hanya berfikir secara ilmu pengetahuan saja, tapi diimbangi juga dengan ilmu agama.

Kompetisi diadakan pada hari Minggu, 09 Februari 2020 dan diikuti oleh 109 siswa/siswi SD/MI Se-jawa. Peserta mulai berdatangan sejak pukul 07.00 untuk melakukan registrasi ulang dan pengambilan nomer peserta. Setelah selesai melakukan registrasi ulang peserta diarahkan menuju Aula Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, untuk mengikuti pembukaan Kompetisi Matematika Islamik.

Acara pembukaan dimulai pukul 08.00, dihadiri oleh Koprodi matematika yaitu Bapak Dian Pratama S.Si,.M.Sc., Wakil Rektor 3 Bapak Supriyanto M.Si., dan wakil dari Bupati Banyumas. Lantunan ayat suci Al-Qur’an¬† dibacakan oleh saudari Amirotul Kholisoh, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta. Sambutan-sambutan disampaikan pertama oleh ketua panitia, dilanjutkan dengan sambutan dari Koprodi dan diakhiri sambutan dari Wakil Rektor 3 sekaligus membuka acara Kompetisi Matematika Islamik.

Pukul 09.00 seluruh peserta telah memasuki ruang kompetisi, ruang kompetisi terdiri dari 5 ruang. Sebelum pengerjaan soal dimulai pengawas membagikan soal dan lembar jawab kepada peserta, kemudian membacakan tata tertib peserta Kompetisi. Pukul 09.30 babak penyisihan dimulai, seluruh peserta mulai mengerjakan soal kompetisi selama 60 menit. Pukul 10.30 waktu pengerjaan soal selesai, peserta diarahkan kembali memasuki Aula Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto untuk istirahat dan makan.

Pukul 11.00 bersamaan dengan proses perekapan nilai pesrta diberi motovasi, sulap dan permainan oleh Bapak Drs. Bagus Hermono,M.Pd,MM,Cl,NLP. Beliau adalah seorang Dosen Pasca Sarjana S2 MM dan MAP, Trainer Nasional Hypnotherapy, Owner Bagoes Training Center, pemilik PT. Industri Agro Nusapalapa, Praktisi Kecerdasan Anak, Motivator & Inspirator, Pengurus HIPSI Pusat dan Entrepreneur.

Pukul 12.00 hasil rekapan nilai ditempel dipapan informasi, seluruh peserta melihat daftar nilai mereka masing-masing. Selanjutnya peserta melakukan istirahat, shalat dan makan.

Babak final dilaksanakan pada pukul 13.00, diikuti oleh 30 peserta yang terseleksi dibabak penyisihan. Pengerjaan soal dilakukan diruang 2.01 menggunakan smartphone dengan Quizizz, sebelum pengerjaan soal dimulai diadakan simulasi terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan peserta dalam mengerjakan soal.

Ketika babak final berlangsung pendamping peserta berada diruang 2.02 untuk menyaksikan perolehan skor peserta secara live. Pukul 14.00 babak final selesai, peserta 30 besar kembali ke Aula Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto, untuk pengumuman kejuaraan kompetisi dan foto bersama.

Juara I diraih oleh Khilmi Anis Mushaffa dari SD Al-Irsyad 02 Purwokerto, Juara II diraih oleh Paramitha Aufa Sabrina Damarag dari MI Negri 01 Banyumas, Juara III diraih oleh Arasya Agfanandra dari SD Al-Irsyad 02 Purwokerto, Juara harapan I diraih oleh Muhammad Afnan Al-Fauzan dari MI Ma’arif NU 01 Pageraji, Juara harapan II diraih oleh Tanaya Driya Arka Nusa dari SD N 02 Wanareja, Cilacap, Juara harapan III diraih oleh Kenza El-Ilmi Mumtaz Ahmad dari MI Ma’arif NU 01 Sokaraja. Masing-masing juara mendapatkan Sertifikat, Trophy, dan Uang pembinaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *